Mengucapkan Lafadz “Bissmillahirrahmanirrahim” Sebelum Beraktivitas dan Segala Keutamaannya

148

pwnubali.or.id – Sebagai umat muslim kita sangat dianjurkan untuk mengucapkan lafadz ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ sebelum melakukan kegiatan atau pekerjaan yang baik.

Lafadz yang merupakan awal ummul kitab ini memiliki banyak keutamaan sebagaimana yang telah di sebutkan pada kitab “Tanqihul Qoul Al-Hatsis fii Syarhi Lubab Al-Hadist” yang artinya sebagai berikut:

“Ketika ayat ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ turun maka mendung pada berlarian ke arah timur, hembusan angin menjadi tenang dan laut menjadi bergelombang, binatang-binatang mendengarkan dengan telinganya, setan-setan pada dilempar dari langit dan Allah bersumpah dengan keagungan nama surat ini (Al-Fatihah). Surat ini hanya untuk menyembuhkan, nama surat ini hanya akan memberi berkah dan barangsiapa membaca ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ ia akan masuk surga.” Hal ini ditegaskan oleh Syekh Abdul Qodir Jailani.

Mengucapkan ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ banyak memberi keberkahan bagi kita. Salah satu keutamaannya adalah membersihkan dosa. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkan ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ maka tidak akan tersisa dosanya meskipun hanya sebesar biji Dzarah.”

Disebutkan dalam hadist lain Rasulullah SAW bersabda, “Setiap hamba yang membaca ‘Bissmillahirrahmanirrahim’, maka Allah akan memerintahkan agar memuliakannya, kemudian Allah menyeru kepada malaikat pencatat amal agar mencatat dalam diwan (buku catatan amal) sebanyak empat ratus kebaikan.”

Mengucapkan ‘Bissmillahirrahmanirraahim’ sangat dianjurkan bagi kita umat muslim. Ucapkanlah ‘Bissmillahirrahmanirrahim’ setiap saat. Agar kita selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT, dimudahkan segala urusan dan dicegah dari hal-hal yang tidak kita inginkan aamiin.

Sumber : Kitab Tanqihul Qoul Al-Hatsis fii Syarhi Lubab Al-Hadist karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi

Penulis : Fariz Wahyu

Editor : M. Agus, NS

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.