Wasiat Nabi Muhammad SAW | #5 Hormati dan Sayangilah Ibumu

source: google

Sebagai seorang muslimah tentu tidak luput dengan julukan calon Ibu. Menjadi seorang yang mengandung, melahirkan, menjaga, dan merawat anaknya tentu adalah salah satu tugas mulia dalam hidup seorang Ibu. Oleh karena itu, sangat berhak dan wajib seorang muslimah memperlakukan Ibu nya dengan hormat serta penuh kasih sayang.

Seorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata : “Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali.” Rasulullah SAW menjawab, “Ibumu!” orang tersebut bertanya kembali, “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah SAW menjawab, “Ibumu!” Dan orang tersebut bertanya kembali,“Kemudian siapa lagi?” Rasulullah SAW menjawab, “Ibumu!” Dan orang tersebut bertanya kembali, “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah SAW menjawab, “Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan Lainnya

Banyak jalan menuju Roma, maka untuk mendapatkan tiket menuju surga salah satu jalannya dengan berbakti pada Ibu.

Memang tak jarang pilihan kita berbeda dengan Ibu dan cara kita menanggapi suatu perkara sering berbeda dengannya. Hingga pertengkaran sering terjadi. Namun, jika kita renungkan dengan baik ternyata apa yang dilarangnya adalah bentuk khawatir akan kehilangan orang yang dicintai. Dan apa yang ia rasa benar tentu berdasarkan pengalaman yang pernah dijumpainya semasa muda.

Memilih untuk menerima, dan merubah cara kita dalam memahaminya dapat membantu kita untuk berbakti kepadanya. Beberapa ulama bahkan meyakini bahwa berbakti pada Ibu dapat menghapus dosa-dosa, asalkan dosa itu bukanlah dosa besar.

Suatu ketika Ibnu Umar ra bertanya kepada seseorang, ”Apakah engkau takut masuk neraka dan ingin masuk ke dalam surga?” Orang itu me jawab, “Ya” Ibnu Umar berkata,  “Berbaktilah kepada ibumu. Demi Allah, jika engkau melembutkan kata kata untuknya, memberinya makan, niscaya engkau akan masuk surga selama engkau menjadi dosa-dosa besar.” (HR. Bukhari)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.