Ketua PCNU Buleleng Sampaikan Materi Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan Kepada Siswa SPN Polda Bali

pwnubali.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Buleleng menerima Anjangsana dari SPN Singaraja dalam rangka untuk memberikan pemahaman 4 pilar kebangsaan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Bali, di Sekretariat Bersama PC NU Kabupaten Buleleng, Bali (24/10).

Dalam kegiatan ini Bapak Sukardi selaku Instruktur sekaligus mewakili Kepala SPN Singaraja menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan serta mempererat hubungan persaudaraan kehidupan bermasyarakat.

Bacaan Lainnya
Dok. penyampaian materi 4 Pilar Kebangsaan dari PCNU Buleleng

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kohesi sosial yang di dalamnya menyangkut 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika guna mempererat hubungan persahabatan antar suku, agama, ras dan kehidupan bermasyarakat lainnya,” paparnya.

Dalam kesempatan ini pula, beliau juga menerangkan bahwa siswa yang mengikuti wawasan pada siang hari ini sebanyak 20 orang diantaranya ada siswa kiriman dari Polda Bali sebanyak 10 orang dan Siswa Kiriman dari Polda Papua sebanyak 10 orang dan 5 orang pendamping.

Dok. penyampaian materi 4 Pilar Kebangsaan dari PCNU Buleleng

Ketua PC NU H. Rahmat Al Baihaqi menyampaikan beberapa poin penting kepada para siswa diantaranya bagaimana merajut kebersamaan dalam kebhinekaan untuk menjaga keutuhan NKRI, wawasan tentang pluralitas bangsa dan tanggung jawab terhadap kehidupan berbangsa dimasa mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan atas beberapa rujukan dari UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Keputusan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Nomor: Kep/340/VII/2021, tanggal 1 Juli 2021 tentang Kurikulum Presisi Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2021, dan Surat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Nomor: B/645/IX/DIK.2.1./2021/Lemdiklat tanggal 13 September 2021 perihal Pelaksanaan Kegiatan Kohesi Sosial.

Dok. penyampaian materi 4 Pilar Kebangsaan kepada siswa SPN Polda Bali

Bapak Sukardi, Instruktur kegiatan berharap agar PC NU Kabupaten Buleleng bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat ataupun ke aparatur Negara untuk memberikan pencerahan-pencerahan supaya memberikan suasana aman dan damai di NKRI.

“PC NU Kabupaten Buleleng merupakan sentral bagi kami serta Pimpinan Polri juga memandang sangat perlu PC NU Kabupaten Buleleng di bawah Kepemimpinan H. Rahmat Al Baihaqi ini perlu untuk memberikan materi dalam rangka penguatan kepada Polri khususnya dalam rangka menciptakan suasana aman, nyaman dan damai,” katanya.

“Sehingga nanti anak didik kami dalam bertugas dikewilayahan bisa mengimplementasikan dalam rangka tugasnya dan kegiatan ini juga sudah dijalankan setiap minggu untuk melakukan anjangsana baik itu ke tokoh masyarakat ataupun tokoh agama,” tandas bapak Sukardi selaku Instruktur.

 

Penulis: M. Baidowi

Editor : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.