KH. Muzakki Wafat, Ketua LTNNU Bali: Beliau Guru yang Sangat Peduli Al Qur’an

0
110

PWNUBALI.OR.ID | SUKOREJO

Kabar duka kembali datang dari keluarga besar pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Salah satu wakil pengasuh, yakni K.H. Muzakki Ridhwan menghembuskan nafas terakhir tepat pada hari Sabtu 30 November 2019 jam 21. 40 WIB di salah satu rumah sakit di Situbondo.

Kiai Muzakki, begitu beliau akrab disapa adalah wakil pengasuh PP. Salafiyah Syafi’iyah Situbondo bidang amaliyah. Di samping itu, beliau juga aktif sebagai pemangku asrama Ma’hadul Quran dan Tahfidzul Quran di Pesantren yang didirikan oleh Kiai As’ad Syamsul Arifin ini.

Kepergian beliau ini membuat para alumni santri Ma’had Aly terkejut demi mendapati kabar melalui grup WA. Salah satu santri beliau adalah Ketua LTN PWNU Bali M. Taufiq Maulana atau yang biasa dipanggil Gus Tama.

Seketika itu kembali kenangan saat masih menjalani masa belajar di Sukorejo beberapa tahun silam itu menghampiri benak Gus Tama, khususnya saat dibawah asuhan langsung almarhum.

“Saya adalah santri PP. Salafiyah Syafi’iyah yang berasrama di Madrasatul Qur’an tahun 2002. Madrasatul Qur’an merupakan pondok cabang dari PP. Salafiyah Syafi’iyah yang fokus belajarnya Alquran. Makanya asrama yang dipangku oleh beliau ada asrama khusus menghafal Alquran, asrama tahfidz,” kenang Gus Tama.

“Sejak 2002 sampai 2004 saya berasrama di Madrasatul Qur’an, diajari langsung oleh beliau,” lanjutnya.

Gus Tama lalu bercerita bagaimana perhatian almarhum kepada santri agar benar-benar baik dalam membaca Alquran. “Beliau langsung membimbing santri. Salah satunya saya yang beruntung mendapatkan bimbingan langsung dari beliau,” ungkapnya.

Kiai Muzakki selalu istiqamah dan tegas dalam membina para santri. Terlebih jika menyangkut masalah kebersihan lingkungan.

“Ketika saya berasrama di Madrasatul Qur’an, beliau istiqamah membangunkan para santri agara shalat tahajjud. Saat itu saya adalah pengurus bagian ubudiyah, jelas Gus Tama.

Innalillahi wa innailaihi roji’un…
Selamat jalan Kiai, semoga beliau ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan kekuatan. Amin.

(dad)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.