Bagaimana Hukum Seorang Muslimah yang Mengkonsumsi Obat Penunda Haid?

pwnubali.or.id – Haid merupakan siklus yang dialami oleh setiap wanita diseluruh dunia. Ketika seorang muslimah mengalami haid maka haram baginya untuk menjalankan ibadah seperti, sholat, puasa dan lain sebagainya. Lantas bagaimana jika seorang muslimah mengkonsumsi obat penundan haid agar bisa beribadah? berikut penjelasan singkat dari Nyai Nur Eka Fatimatuzzahroh, pondok pesantren As-Shidiqiyah Batu Ceper, Tangerang, Banten.

Menurutnya, dalam syara’ tidak ada nash secara khusus yang melarang perihal ini. Apabila tidak membahayakan maka boleh-boleh saja. Tapi ada baiknya konsultasi dengan dokter ahli agar tidak menimbulkan efek samping. Dan Apabila menggunakan obat pencegah haid bisa membahayakan dirinya, maka hukumnya tidak Boleh. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al Quran Surah An-Nisa ayat 29.

Bacaan Lainnya

‎وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS An Nisaa ayat 29)

Kemudian dalam QAWA’ID FIQHIYAH Terdapat kaidah: لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ
“Tidak Boleh Melakukan Sesuatu Yang Membahayakan Diri Sendiri Ataupun Orang Lain”

Beliau menambahkan bahwa bagi seorang wanita yang sudah mempunyai suami maka untuk menggunakan obat penunda haid ini harus dengan seizin suami. Jika suami mengizinkan maka hukumnya boleh Istri memakai obat penunda haid namun jika suami tidak memberi izin maka hukumnya tidak diperbolehkan.

1.Ibarah:

‎وتناول هذه الحبوب لأجل الصوم ليس ممنوعا شرعا، لأنه لا يوجد دليل على المنع، اللهم إلا إذا ثبت أنه يلحق الضرر بالمرأة لقوله صلى الله عليه وسلم لا ضرر ولا ضرار. ففي هذه الحالة يحرم تناولها. لذلك فمن الأفضل عند إرادة تناولها مشاورة طبيب مختص، إلا إذا كانت معتادة عليها، ولا يلحقها ضرر بسببها. والله أعلم

Mengonsumsi pil (untuk menunda menstruasi) agar dapat memenuhi syarat puasa tidak dilarang menurut hukum syara’ (agama) karena memang tidak terdapat dalil yang melarang. Lain soal kalau konsumsi pil itu membahayakan kesehatannya, maka konsumsi itu jelas dilarang berdasarkan hadits Rasulullah SAW, ‘Tidak boleh ada mudharat dan memudharatkan’. Dalam kondisi mudharat seperti ini, menelan pil itu menjadi haram. Karena itu ada baiknya kalau ingin mengonsumsi pil (penunda menstruasi), perempuan itu berkonsultasi dengan ahli medis spesialis. Lain ceritanya kalau konsumsi pil itu sudah menjadi kebiasaannya saat (Ramadhan tiba) dan tidak membahayakan kesehatannya,” (Lihat Prof Dr Muhammad Ibrahim Al-Hafnawi, Fatawa Syar’iyyah Mua’shirah, Darul Hadits, Kairo, Halaman 280).

2. Al Fiqhu Alal Madzahib Al Arba’ah,

‎أما أن تصوم الحيض بسبب دواء في غير موعده، فإن الظاهر عندهم أنه لا يسمى حيضاً، ولا تنقضي به عدتها وهذا بخلاف ما إذا استعملت دواء ينقطع به الحيض في غير وقته المعتاد، فإنه يعتبر طهراً، ويتنقضي به العدة، على أنه لا يجوز للمرأة أن تمنع حيضها، أو تستعجل إنزاله إذا كان ذلك يضر صحتها، لأن المحافظة على الصحة واجبة

Dijelaskan, bahwa penggunaan pil anti haid tersebut diharomkan jika memang membahayakan. Namun jika seorang wanita menggunakan pil tersebut lalu haidnya berhenti, maka masa terhentinya haid karena obat tersebut dianggap “ masa suci “

Akan Tetapi meski secara hukum diperbolehkan, namun lebih utama tidak menggunakan obat pencegah haid. Karena menurutnya membiarkan sesuatu yang alami akan lebih menjamin terjaganya kesehatan dan keselamatan.

“Bukankah haid juga merupakan ketentuan dari Allah yang d berikan kepada kaum wanita, yang pasti tentunya banyak hikmah dari ketentuan Allah kepada wanita itu sendiri,” kata Nyai Nur eka fatimatuzzahroh

Beliau juga menambahkan, meskipun dalam keadaan haid pun seorang wanita tetap bisa melakukan ibadah-ibadah sunnah yang lain untuk mendatangkan pahala Bagi wanita haid tersebut, seperti; berdzikir, berdoa, membaca shalwat, menuntut ilmu dan melakukan hal-hal kebaikan lainya.

Wallaahu a’lam bisshawab

Penyaji: Al faqirah Nyai Nur eka fatimatuzzahroh
Editor : Indah Fitria Dewi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.