Kemandirian Ekonomi Organisasi; Ansor Buleleng Launching Nahnu Mart

PWNUBALI.OR.ID | Buleleng – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Buleleng resmi launching unit usaha organisasi berupa minimarket pada Ahad (26/03/2023).

Minimarket yang kemudian diberi nama Nahnu Mart ini merupakan ihtiar untuk kemandirian organisasi, sekaligus upaya pemberdayaan anggota GP Ansor dibidang ekonomi.

Bacaan Lainnya

Menurut Koordinator Bidang Ekonomi PC GP Ansor Buleleng, Juhairi Wahab mengatakan Nahnu Mart yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat, juga membantu memasarkan produk usaha para anggota dan kader NU.

Dok. Ansor Buleleng Launching Nahnu Mart

“Kebutuhan pokok sehari hari tersedia disini, namun yang terpenting juga produk lokal, apalagi itu bikinan kader NU, Nahnu Mart dengan terbuka siap memasarkannya” ujarnya.

Konsep menjalankan Nahnu Mart, Juhairi melanjutkan, tidak bisa dimiliki oleh perorangan, tapi harus dengan kebersamaan.

“ada semacam lembar saham, yang itu bisa dibeli sebagai penyertaan modal, jadi nanti dimana outlet Nahnu Mart ini dibuka, masyarakat sekitar bisa menyertakan modal dengan membeli saham” jelasnya.

Dok. Ansor Buleleng Launching Nahnu Mart

Menurut Juhairi, untuk satu outlet Nahnu Mart dengan ukuran Mikro membutuhkan modal antara 60 juta hingga 100 juta. Sementara untuk ukuran Kecil-Menengah membutuhkan modal hingga 250 juta.

“ini belum termasuk sewa tempat, tapi jika ini dipikul bersama dengan keterlibatan anggota dan masyarakat setempat sangat memungkinkan, karena kita sudah punya system pembagian dengan SOP yang ketat” ujar Juhairi.

Sebagai pilot project, Nahnu Mart untuk pertama kalinya dibuka di Desa Tegallinggah Kecamatan Sukasada. Meski berada tidak di pusat kota, tapi lokasi ini cukup ramai dan menjadi gambaran lokasi lain dari target 5 outlet yang akan dibuka.

“terus terang ini tantangan, kami sudah meriset dan berkonsultasi ke beberapa pihak untuk memastikan usaha ini terus berjalan, selain kami yang akan professional, tapi kami sangat butuh dukungan dari semua pihak, utamanya warga NU sendiri” harapnya.

Dok. Ansor Buleleng Launching Nahnu Mart

Grand Opening Nahnu Mart ini diawali dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan buka puasa bersama. Selain itu, Managemen Nahnu Mart juga memberikan santunan Sembako dan Uang kepada 10 anak yatim warga setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran Pengrus PC GP Ansor Buleleng, jajaran PAC GP Ansor Sukasada 2, dan Tokoh masyarakat setempat.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.