Pupuk Nasionalisme dan Kepekaan Sosial di Hari Kemerdekaan, PCNU Klungkung Gelar Upacara Bendera dan Berbagi

Dok. Upacara Kemerdekaan PCNU Klungkung beserta Banom dan Lembaga

PWNUBALI.OR.ID | Klungkung – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klungkung menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/08/2022). Upacara ini dilaksanakan di Pantai Desa Kampung Kusamba Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Kegiatan tersebut diikuti oleh segenap Pengurus Cabang Nahldatul Ulama Klungkung, beserta Banomnya mulai dari Ansor, Muslimat, Fatayat serta kader penggerak NU se-Kabupaten Klungkung.

Bacaan Lainnya
Dok. Upacara Kemerdekaan PCNU Klungkung beserta Banom dan Lembaga

Dalam amanatnya Mohammad Choirun S.sos, menyampaikan betapa pentingnya ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan sesama warga Negara.

“Hal ini penting untuk menumbuhkan rasa toleransi antar sesama demi mewujudkan negeri yang aman dan damai.
Merawat kebhinekaan itu harus dimulai dari ukhuwah wathaniyah. Bagaimana pola hidup menghargai perbedaan antar sesama menjadi kunci sukses dalam ikhtiar merawat keutuhan NKRI,” tegasnya.

Menurutnya, menjaga hubungan baik dengan sesama warga negara merupakan hal yang wajib ketika berada di tengah masyarakat heterogen. Termasuk hidup di Indonesia dengan beraneka ragam budaya, kepercayaan dan bahasa.

Dok. Upacara Kemerdekaan PCNU Klungkung beserta Banom dan Lembaga

Sementara itu, Kasatkorcab Banser Kabupaten Klungkung, Abdul Hamid menjelaskan bahwasanya pihaknya sudah mempersiapkan agenda upacara bendera di hari kemerdekaan jauh hari. Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa patriot dan nasionalisme Nahdliyin di tanah Klungkung.

“Dari awal kami dan sahabat di kepengurusan Ansor sudah merencanakan untuk digelar upacara bendera. Setelah kami meminta ijin secara lisan dan di teruskan bersurat terkait minta izin tempat pantai akan kami jadikan lokasi upacara bendera, dari Bapak Perbekel Desa Kampung Kusamba mensetujui dan memberikan ijin pemakaian pinggir pantai Desa Kampung Kusamba sebagai lokasi upacara bendera,” tandasnya.

 

Sumber : Fb Andri Susanto – Ansor Klungkung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.