Sekilas Profil MA Sunan Ampel Tempat KONFERENSI MWC NU Kecamatan Gerokgak ke VI

pwnubali.or.id – MA Sunan Ampel Sumberkima menjadi lokasi pelaksanaan Konferensi MWC NU Ke-6 Nahdlatul Ulama Kec. Gerokgak. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah MA Sunan Ampel Sumberkima Linda Dwi Anggraini, S. Pd., saat menerima panitia konferensi dari Pengurus Musyawarah Wakil Cabang (MWC ) yang dipimpin oleh Muzamil Safrudin, S. Pd selaku Ketua Organizing Committe (OC).

Adapun profil MA Sunan Ampel sebagai tempat pelaksanaan Konferensi MWC NU Kecamatan Gerokgak sendiri berdiri pada tanggal 8 Mei 1996/20 Dzulhijjah 1416 H merupakan kelanjutan dari MTs Sunan Ampel Pada tahun 1987 yang lalu. Mengingat semakin banyak lulusan MTS dan SMP yang di sekitar desa Sumberkima banyak yang melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah/MA/SMA karena Faktor biaya pendidikan yang tidak terjangkau disebabkan jarak yang cukup jauh sekitar 27 Km yang terdekat pada waktu itu.

Bacaan Lainnya
Dok. Profil MA Sunan Ampel Sumberkima Gerokgak Buleleng Bali

Dari masalah itulah para tokoh yang ada berinisiatif untuk mendirikan MA dengan berbekal persiapan sederhana yakni hanya 10 orang guru, (S1: 3 orang, D3: 3 orang, setingkat SLTA 4 orang) dengan kepala sekolah pertama : Bapak KH. A. Syauqi Abror, Kepala Tata Usaha pada saat itu : Kamilun, S. Ag merangkap tenaga edukatif. Dimana penyelenggaraan pendidikan masih meminjam gedung MTS Sunan Ampel.

Upaya untuk memperlancar pelaksanaan operasional pihak badan pengelola pada tanggal 1 Februari 1997 mengajukan permohonan ijin operasional dan nomer statistik Madrasah kepada Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Bali. Dan Pihak Departemen Agama memberikan respon positif dengan menerbitkan nomer surat: Ww/B/II-d/PP.00.6/357/1997 tertanggal 5 Maret 1997.

Untuk peningkatan kualitas edukatif, MA Sunan Ampel senantiasa mengadakan perbaikan fisik maupun non-militer fisik melalui forum musyawarah antar guru, antar kepala sekolah (KKMA, MKKS).

Dok. Profil MA Sunan Ampel Sumberkima Gerokgak Buleleng Bali

Pada tanggal 29 Juni 1999 Kepala MA pertama mengadakan rapat bersama untuk mengakhiri masa jabatan dan mengangkat kepala sekolah baru yaitu Bapak Kamilun, S. Ag sebagai Kepala sekolah kedua. Beliau merupakan Tokoh intelektual NU di kabupaten buleleng pada masanya. Adapun karyanya yang dibukukan yaitu (JAS HIJAU “Membumikan Ahlussunnah Wal Jama’ah”).

Pada tahun 2000 dilanjutkan pembangunan gedung kantor, dilanjut pembangunan 2 ruang kelas pada tahun 2001 dengan begitu MA Sunan Ampel memiliki gedung sendiri.

Dok. Profil MA Sunan Ampel Sumberkima Gerokgak Buleleng Bali

MA Sunan Ampel memiliki ciri khas sendiri yaitu: Pembinaan Olahraga, Pembinaan Ekstrakurikuler, Istighotsah, Kursus Komputer serta memiliki gedung BLK Komunitas Otomotif pada saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.