Haul Almagfurlah KH. Abdurrahman Ke-18, KH Moh. Zaki HAR Ingatkan Perjuangannya Dakwahkan NU di Bali

pwnubali.or.id – Peringatan Haul Almagfurlah KH. Abdurrahman yang Ke-18 digelar di Pondok Pesantren Darut Ta’lim Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Rangkaian haul kali ini dimulai sejak hari sabtu malam (29/05/2021) diawali dengan Khotmil Qur’an Bil Ghoib yang dipimpin oleh Gus Shohabil Mahalli.

Bacaan Lainnya

Lalu keesokan harinya tepatnya hari Ahad (30/05/2021) ba’da shalat ashar dilanjutkan dengan ziarah ke makam Almagfurlah KH. Abdurrahman yang berlokasi di pemakaman komunitas Bugis – Melayu “As-Salam” kelurahan Loloan Timur. Pada malam harinya ba’da shalat maghrib dilanjutkan dengan puncak acara Haul yang dihadiri oleh warga, santri, alumni Pondok Pesantren Darut Ta’lim dan kader Nahdlatul Ulama yang berasal dari Kota Negara dan sekitarnya.

Pada  kesempatan tersebut untuk mengenang kembali perjuangan dan perjalanan dakwah pendiri sekaligus pengasuh pertama Pondok Pesantren Darut Ta’lim turut dibacakan pula biografi dari KH Abdurrahman yang dibacakan oleh Gus Hasbil Ma’ani.

KH. Moh. Zaki HAR selaku pengasuh pondok saat ini, memberikan tausiyah pada acara tersebut dengan mengajak kepada seluruh hadirin untuk bersama-sama meneruskan perjuangan para Ulama dengan tetap menjaga faham Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah di tengah-tengah masyarakat.

Disamping itu beliau juga Mustasyar PWNU Bali menambahkan khususnya “kepada para kaum pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap semangat menuntut ilmu agama dari ulama agar terhindar dari faham-faham radikalisme”.

Meski ditengah pandemi Covid-19 yang kita hadapi, Haul Almagfurlah KH. Abdurrahman di Pondok Pesantren Darut Ta’lim tetap berjalan dengan khidmat dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis : Ahmad Fahmi
Editor : Ita Khuniyati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.