Tingkatkan Mutu Madrasah, MI At-Taufiq Singaraja Menjadi Tempat Visitasi Akreditasi Perdana Tahun Ini

Dok. Proses Visitasi Akreditasi di MI At-Taufiq Singaraja

PWNUBALI.OR.ID | Buleleng – Visitasi Akreditasi Madrasah Ibtidaiyah At Taufiq Singaraja di gelar selama 2 hari sejak tanggal 13 – 14 Maret 2023. Yang di lakukan di gedung MI At Taufiq Singaraja di jalan Hasanuddin Singaraja. Dalam hal ini visitasi dilakukan oleh 2 asesor BAN-SM yakni bapak I Nyoman Nuaba, S.Pd.SD, dan Bapak Drs. I Made Dwiyasa, M.Pd. (Selasa, 14/03/23).

“Pelaksanaan akreditasi sebagai tujuan mengukur mutu satuan pendidikan yang terdiri dari 4 komponen yaitu mutu kelulusan, mutu proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah yang menggunakan alat ukur IASP ( Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan ) yang kemudian BAN-SM Pusat dan Provinsi untuk pelaksanaan Akreditasi mempunyai sistim penilaian akreditasi dan untuk kegiatannya itu berupa asessmen kecukupan yang diksanakan pada tanggal 10 Maret kemudian visitasi langsung datang berkunjung ke sekolah dua hari dari kemaren,” Pungkas Dwiyasa.

Bacaan Lainnya
Dok. Proses Visitasi Akreditasi di MI At-Taufiq Singaraja

Masih menurut Dwiyasa dalam kurikulum merdeka ini apa yang telah terurai dalam IASP sebagai intrumen pengukur mutu aspek-aspeknya sudah menggambarkan bagaimana karakteristik kurikulum merdeka.

“Kami sebagai asesor dalam melaksanakan tugas berpedoman sebagai asesor yang bekerja secara professional dan berharap kepada Yayasan untuk selalu meningkatkan mutu madrasah yang dinaunginya,” imbuhnya.

Sekolah – sekolah yang masa berlaku akreditasinya maka di ijinkan untuk mendaftar dan kemudian dinilai dalam dashboard. Ini merupakan hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana untuk pengecekan dokumen itu sudah melalui system yang ada dalam satuan akreditasi ini jadi ketika pengecekan dokumen itu layak maka kemudian dilakukan visitasi ke sekolah langsung.

Dok. Proses Visitasi Akreditasi di MI At-Taufiq Singaraja

“Kami sebagai asesor juga tidak semerta-merta langsung turun namun kami juga harus menjalani diklat terlebih dahulu sebelum melaksanakan visitasi sesuai tugas yang diberikan oleh BAN-SM. Pelaksanaan visitasi ini juga tidak langsung dari upload berkas kemudian langsung turun. Namun, sekolah yang memenuhi IPM (Indeks Penilaian Mutlak) saja yang boleh di terjuni untuk dilaksanakan visitasi,” Pungkas Nuaba.

Ketua LP Ma’arif Buleleng, Syarifuddin menyampaikan bahwa MI At-Taufiq tahun ini sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya akreditasi tersebut, pihaknya berharap MI At-Taufiq memperoleh hasil yang baik.

“MI At Taufiq ini merupakan Madrasah pertama di Buleleng yang diakareditasi tahun 2023 ini . Secara umum kami melihat situasi di madrasah ini sudah berjalan dengan baik dan semoga hasil dari dua hari yang kami lakukan bisa mendapatkan hasil yang baik. “ Ungkap Ketua LP Ma’arif NU Buleleng

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.