Semarak Satu Abad NU di Jembrana; Bupati Jembrana Berikan Dukungan Penuh untuk NU

PWNUBALI.OR.ID | Jembrana – Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jembrana, Bali berlangsung secara meriah dan semarak. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, SH turut hadir dan berikan dukungan penuh untuk NU Jembrana, Bali.

Sebanyak kurang lebih 3000 peserta yang terdiri dari para pelajar, guru madrasah, guru ngaji, banom NU, dan nahdliyin tumpah ruah mengikuti kegiatan Kirab dalam rangkaian Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Peringatan yang cukup meriah dengan antusias warga Nahdlatul Ulama memenuhi sepanjang jalan Loloan Timur dan Loloan Barat, Minggu (19/02/2023) pagi.

Bacaan Lainnya
Dok. Kegiatan satu Abad Nahdlatul Ulama di Jembrana

Ketua PCNU Kabupaten Jembrana H. Arsyad, mengatakan kirab ini diikuti kurang lebih 3000 orang mulai dari masing-masing Ranting NU dan juga pelajar bahkan masyarakat serta tokoh-tokoh NU Jembrana.

“Hal ini bertujuan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan nilai kekerabatan bagi warga NU,” ujarnya.

Peserta kirab dilepas oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Ditemani Kasie Pendis Kemenag Jembrana, Para Ulama dan tokoh NU.

Sementara malam puncak Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dipusatkan di Kelurahan Loloan Timur Kecamatan Jembrana, Minggu (19/2/2023) malam.

Pada puncak peringatan Satu Abad NU itu dihadiri pula oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Kegiatan yang digelar PCNU Jembrana itu, menghadirkan penceramah dari Jakarta yakni KH. Adnan Anwar. Selain itu diisi juga dengan orasi ke NU an oleh Gus Rifqil Halim Pengasuh Ponpes Darut Ta’lim.

Tampak juga hadir Mustasyar PWNU Bali KH. Moh. Zaki Har, Ketua MUI Kabupaten Jembrana H. Tafsil LC, Kasubbag Kemenag Jembrana Drs. H. Patahul Bari, Ketua PC NU Kabupaten Jembrana
H. Arsyad Nur, jajaran Pengurus Syuriah PC NU , Ketua PC GP. Ansor Kab. Buleleng, Abraham Karim dan PHBI Masjid Agung Baitul Qadim H. Musadad Johar, pimpinan Pondok Pesantren dan TPQ, serta H. Muhamad Yunus selaku anggota DPRD Jembrana.

Dihadapan masyarakat khususnya kader NU, Bupati Tamba mendukung digelarnya peringatan 1 Abad NU di Jembrana, berjalan dengan tertib dan lancar.

Dok. Kegiatan satu Abad Nahdlatul Ulama di Jembrana

Dalam kegiatan bertema “Merawat Jagat, Membangun Peradaban” ini menurut Tamba, ada kesamaan dengan Jembrana menuju Jembrana Emas Tahaya punya cita cita di tahun 2026, kenapa saya sebagai bupati mencantumkan Jembrana emas. Karena Ini bukan milik segelintir orang, tetapi milik seluruh masyarakat Jembrana,” ujarnya.

Tamba juga menyampaikan selama ini di Jembrana kerukunan umat beragama sudah terjaga dengan baik. Karena itu kata Tamba, Jembrana menjadi contoh secara nasional dan khususnya di Bali. “Kita selalu kondusif dan menyama-braya,” ujarnya.

Dalam Orasi ke – NU – an, Gus Rifqil Halim Menyampaikan kepada seluruh Warga Nahdliyin untuk sama – sama menjaga Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah yang sudah di bawa oleh para ulama terdahulu. Sebelum orasi beliau ditutup dengan teriakan yang penuh semangat dari Nahdliyin & Nahdliyat yang hadir ” Siapa Kita, NU ”

KH. Adnan Anwar dalam tausiahnya juga menyampaikan hal yang sangat mendalam dan mengajak Keluarga NU Kab. Jembrana untuk Menata Kembali Nahdlatul Ulama yang ada di Jembrana.

“Memasuki Abad kedua NU, Mari kita tata Kembali NU yg ada di Jembrana. Dan menyelesaikan dengan cara – cara NU dalam Menyelesaikan Permalahan yang ada ” Ujarnya.

Serangkaian peringatan Satu Abad NU dengan tema “Merawat Jagat Membangun Peradaban” ini, juga di warnai kegiatan sebelumnya di antaranya Istigosah Kubro yang dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Qodim Loloan Timur yg dipimpin Langsung Mustasyar PWNU Bali KH. Moh. Zaki Har, Jumat (17/2).

Lalu di hari kedua, Sabtu (18/2) dilangsungkan Khotmil Qur’an di Masjid Agung Baitul Qadim Oleh Para Hafidz yang ada di Kelurahan Loloan Timur.

Ranting Fatayat Kelurahan Loloan Timur juga mengadakan Bazaar selama dua hari yang bertempat di depan MTS Manba’ul Ulum, Bazar difokuskan untuk mengangkat Produk Lokal Warga Nahdlyin yang ada di Jembrana Khususnya di Ranting NU Loloan Timur. Warga terlihat antusias mengunjungi stand bazaar tersebut.

Di malam Pentas Seni dan Budaya, Lesbumi Kab. Jembrana bersama Grup Hadrah berhasil Mengajak Warga Nahdliyin untuk Berliterasi tentang NU melalui Musikalisasi Puisi, Lantunan lagu dan syair karya Penasehat PC Lesbumi NU Jembrana dan sholawatan, diantara : Ya Khodijah, Ilahana, ‘Athoyaka, Sanaduna, Shimatul Ashiqin, Sholawat Lidaf’il Bala’ dll

Panitia Peringatan Harlah Satu Abad NU & Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H

Irwan Hidayat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.