Forum ToC Lakpesdam PCNU Klungkung; Membangun Peradaban dari Desa

Dok, Kegiatan Toc Lakspedam NU di Klungkung Bali

PWNUBALI.OR.ID | Klungkung – Sebuah forum mendorong terjadinya perubahan sosial yang lebih berkeadilan di desa, baru saja diselenggarakan. Diikuti oleh perwakilan 4 desa binaan Lakpesdam PCNU Klungkung. Dua desa dari klungkung daratan yakni Desa Sulang, desa Jumpai. Desa Pejukutan, Desa Sekartaji, dari kecamatan di Pulau Nusa Penida Klungkung Bali.

Diselenggarakan pada tanggal 27 Februari 2023 bertempat di Balai Pertemuan Kampung Kusamba, Dawan, Klungkung. Sebanyak 30 orang hadir sebagai peserta pada forum yang dinamis ini.Mulai dari kepala desa atau perbekel 4 desa, Perwakilan BPD, perwakilan masyarakat rentan, dan masyarakat biasa. Hadir sebagai undangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten klungkung.

Bacaan Lainnya
Dok. Toc Lakspedam NU di Klungkung

Apa sesungguhnya yang ingin dicapai dalam acara ini? Yakni perubahan sosial di empat desa tersebut yang lebih berkeadilan. Lebih merata mencangkup semua golongan yang ada di pemerintahan desa. Tidak ada yang dikecualikan. Bahkan mereka yang sangat rentan bisa merasakan kue pembangunan desa dengan lebih adil.

Dalam sambutannya, Ahmad Shofi selaku Sekjend Lakpesdam PCNU Klungkung mengatakan bahwa, “Acara ini kita selenggarakan untuk mendorong terjadinya perubahan sosial yang lebih berkeadilan. Ini merupakan sebuah pilot project, percontohan yang nantinya akan direplikasi di desa lain.”

Dok. peserta Toc Lakspedam NU

Di sisi lain, acara ini merupakan dakwah kemanusiaan NU untuk masyarakat yang lebih luas. Masyarakat yang sangat beragam namun terjalin dalam jiwa Bhineka Tunggal Ika.

Acara ini merupakan rangkain dari proses pendampingan desa kerjasama antara Lakpesdam PBNU dengan Kemendesa RI. Sementara Lakpesdam PCNU klungkung menjadi pelaksana lapangan di Kabupaten Klungkung dalam mengawal 4 desa terpilih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.