Safari Dakwah KH. Marzuki Mustamar di Bali; Mari Kita Samakan Ucap dan Sikap

Dok. Safari Dakwah KH. Marzuki Mustamar di Bali

pwnubali.or.id | Badung – Safari Dakwah Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar, M.Ag di Provinsi Bali mengajak masyarkat untuk seragam.

Menurutnya baik NU maupun non NU dalam hal praktek banyak kesamaan. Sama-sama mengamalkan beda penerapan, tidak perlu saling menyalahkan apalagi membid’ahkan.

Bacaan Lainnya
Dok. Safari Dakwah KH. Marzuki Mustamar di Bali

“Sekarang seragam satu barisan. Sama-sama ngamalkan “bokya” (sebaiknya) jangan membedakan, menbid’ahkan dan menyalahkan,” dawuh Beliau saat mengisi Mauidhoh Hasanah di Masjid Al-Fattah, Jimbaran, Badung, Bali (13/2).

Beliau mencontohkan beberapa amaliah yang banyak dibid’ahkan namun sebenarnya banyak dilakukan pula mereka yang suka membid’ahkan.

“Di NU biasanya ada orang mati mengadakan sedekahan, berkat atau kenduren. Bacaan doanya “Taqobal wa ausil hadiyatan fulan,” Hadiahnya untuk orang meninggal. Di luar NU banyak yang dilakukan ketika orang meninggal tetangga nyumbang beras kopi gula. Sumbangan tetangga di jual juga ga pantas juga. Di malang menyerahkan ke panti asuhan yatim fadhilahnya untuk almarhum, Niat pahala untuk almarhum,” papar Beliau.

Dok. Safari Dakwah KH. Marzuki Mustamar di Bali

Contoh yang lain beliau sampaikan seperti kebiasaan sholat Jum’at di jawa pakai “ansitu wasma’u waatin’u” dibilang bidah. Tapi kemudian kata beliau di sana diumumkan sebelum sholat Jum’at dengan bahasa Indonesia untuk diam selama khotib sedang berkhutbah. Hal itu merupakan hal yang sama dengan cara yang berbeda.

“Menyebut Rasulullah dengan didahului Sayyidina artinya orang yang kita muliakan junjung tinggi, bahasa umumnya junjungan kita,” kata KH. Marzuki.

“Sholawat tidak pakai Sayyidina tapi saat ceramah awali salam pakai junjungan kita. Wong sayyidina artinya junjungan tapi dibida’hkan,” tandanya.

Beliau menambahkan bahwa walaupun beda organisasi tapi karena yang diamalkan sama, maka “Marilah kita samakan ucap dan sikap,” pintanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.