Lahirkan Kader Baru, IPNU-IPPNU Badung Gelar MAKESTA

pwnubali.or.id – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Kabupaten Badung Sabtu-Ahad (18-19/12) kemarin sukses menggelar MAKESTA IV untuk melahirkan kader-kader baru IPNU-IPPNU di Kabupaten Badung.

Acara yang diselenggarakan di Gedung MTs Al-Ma’arif Badung tersebut, diikuti oleh sebanyak 41 peserta yang terdiri dari anggota IPNU-IPPNU Kecamatan Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara, Mts Al Ma’arif Nu Kabupaten Badung, serta dari luar kabupaten Badung yaitu PC IPNU-IPPNU Denpasar Barat dan Denpasar timur.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh NU Kabupaten Badung, baik dari Banom dan Lembaga diantaranya adalah; Rois Syuriah PCNU Kabupaten Badung, Muslimat NU Kabupaten Badung, LP Ma’arif NU Kabupaten Badung, GP Ansor Kabupaten Badung, serta Fatayat NU Kabupaten Badung.

Rois Syuriah PCNU Kabupaten Badung dalam hal ini memberikan sedikit wejangan sebagai pembukaan Makesta, menurutnya “IPNU-IPPNU itu adalah Badan Otonom NU Kalangan Pelajar, Mereka Para Pelajar dan pemuda. Pemuda hari ini ialah pemimpin dimasa datang, sekarang ketika masih muda calon pemimpin baru berbekal Ilmu dan Taqwa,” pesannya.

Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) merupakan proses kaderisasi yang penting karena didalamnya merupakan ajang pengembangan diri, ilmu pengetahuan, tanggung jawab dan rasa memilih organisasi, maka peran MAKESTA sangatlah penting guna melahirkan anggota – anggota akan penerus estafet kepemimpinan IPNU IPPNU khususnya di Kabupaten Badung. Ketua IPNU Badung berharap dengan MAKESTA ini dapat melahirkan calon-calon pahlawan yang berani berkorban untuk kemaslahatan masyarakat.

“Selaras dengan tema pada MAKESTA kali ini, alumni MAKESTA adalah pahlawan sejarah dalam perkembangan IPNU di badung. Kita harus menjadi selayaknya pahlawan, harus rela berkorban untuk perjuangan dalam bentuk apapun, baik materil, pemikiran, waktu, dan juga tenaga, kita harus sadar bahwa kita adalah tinta emas yang akan menghiasi dinding sejarah perjuangan, dan sejati nya perjuangan ialah mereka yang saling menguatkan bukan malah mereka yang saling menjatuhkan,” papar Rekan Rozak, Ketua PC IPNU Kabupaten Badung.

“Kedepan alumni MAKESTA 4 yang juga sudah menjadi anggota IPNU-IPPNU harus memiliki peran penting di dalam masyarakat, di mulai dari kontribusi terhadap lingkungan, remaja masjid atau musolla, agar dapat menjadi daya tarik baru dan percontohan dalam berorganisasi yang baik dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Senada dengan Ketua IPNU Badung, Ketua IPPNU Badung berharap dengan MAKESTA dapat mencetak kader yang militan dan terus aktif berorganisasi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Saya harap setelah selesai mengikuti pengkaderan awal ini dapat mencetak anggota-anggota yang aktif bukan hanya sekedar tampil tanpa pergerakan tetapi mereka bisa membuat suatu organisasi hidup dan aktif serta dapat dikenal di masyarakat sekitar nya,” tandas Rekanita Ayu Nitasari, Ketua PC IPPNU Badung.

Dikutip dari Pena Badung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.