Mahasiswa Peduli, UKM LIKAMBA Bagi-Bagi Masker Gratis

pwnubali.or.id – Pandemi Covid-19 belum berakhir, masih menjadi perhatian besar dari seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Dampaknya tidak hanya pada sektor ekonomi atau sosial, namun juga hampir menghambat beberapa kegiatan salah satunya dari sektor pendidikan dan dunia perkuliahan.

Meski kondisi kurang mendukung, namun tidak menghalangi UKM LIKAMBA (Literasi Kampus ISTNUBA) yang merupakan salah satu organisasi mahasiswa ISTNUBA mempunyai sebuah gerakan di tanggal 10 Oktober 2021 dengan membagikan masker gratis di area lapangan Puputan Renon Denpasar.

Bacaan Lainnya

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Jujun Juanda selaku Tim Redaksi LIKAMBA bahwa masker menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diwajibkan saat ini.

“Pandemi belum usai dan pemerintah sampai saat ini masih memberlakukan untuk tetap memakai masker, bahkan menjadi kebutuhan pokok di tengah kondisi seperti saat ini. Namun kebutuhan masyarakat pun semakin hari semakin tinggi, ini yang menjadi tujuan kami dengan membantu mereka dengan membagikan masker gratis sekarang,” ujarnya.

Dok. Mahasiswa ISTNUBA UKM LIKAMBA berbagi Masker

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, Dewi Novita Puspa Ningrum selaku Pimpinan Redaksi LIKAMBA juga mengajak warga setempat untuk menjaga diri dan keluarga dari virus corona dengan Program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Yaitu dengan cara, makan dengan makanan yang seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air miniral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna, bila demam dan sesak napas segera kefasilitas kesehatan, dan jangan lupa berdoa.

“Peran pemerintah setempat juga harus dimaksimalkan lantaran masih jarang adanya sosialisasi secara door to door tentang perilaku hidup sehat. Bukan hanya saat pandemi ini berlangsung, tetapi saat pandemi ini hilang pemerintah harus tetap menyosialisasikannya,” kata dia.

Karena itu, edukasi soal protokol kesehatan sebagai langkah penanggulangan covid-19 perlu dilakukan oleh semua kalangan. Maka dari itu, UKM LIKAMBA merasa perlu mendonasikan masker secara langsung kepada masyarakat diwilayah Denpasar khususnya.

Selain itu, program kerja gerakan disiplin memakai masker ini menjadi bentuk kepedulian atas peraturan pemerintah yang baru tentang denda yang akan diterapkan jika tidak memakai masker.

Kegiatan bagi bagi masker dilaksanakan bahkan sangat di dukung dan diapresiasi oleh Kepolisian setempat. Pembagian masker dilaksanakan dikawasan ramai dan menjadi titik kerumunan.

Selain membagikan masker kesehatan, UKM LIKAMBA memberikan peringatan atas denda yang didapat jika tidak memakai masker berdasarkan peraturan pemerintah, diharapkan masyarakat bisa lebih sadar untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas, sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19.

Penulis : Jujun – LIKAMBA
Editor : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.