Santri Siaga Jiwa Raga, Inilah Makna Logo Peringatan Hari Santri 2021

  • Whatsapp

pwnubali.or.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pagi ini Selasa (21/9/2021), meluncurkan Logo Peringatan Hari Santri 2021 di Gedung Kementerian Agama (Kemenag) Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Gus Yaqut, Tahun ini, tema Hari Santri adalah Santri Siaga Jiwa Raga. “Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” ujar Menag Yaqut.

Bacaan Lainnya

Menag Yaqut menegaskan bahwa Siaga Jiwa bermakna pula bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lilalamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemi Covid-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama,” tutur Menag.

Berikut adalah logo Peringatah hari Santri beserta maknanya;

makna loga hari santri 2021, Solat

Pertama adalah Sholat maknanya sebagai santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.

Makna logo hari santri 2021, Sujud

Kedua adalah Sujud yaitu Sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.

makna logo hari santri 2021, Kebersamaan

Ketiga adalah kebersamaan, yaitu Selalu berkolaborasi, bersama saat duka maupun duka.

makna logo hari santri 2021, Semangat

Keempat adalah Semangat, Dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.

makna logo hari santri 2021, Berbagi

Terakhir adalah Berbagi, Berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.

Hari Santri, lanjur Menag Yaqut, tidak hanya milik kalangan pesantren atau ormas Islam tertentu, melainkan milik segenap masyarakat Indonesia. Karena selama ini kaum santri selalu siap dan sedia menjadi pengawal dan penerang NKRI.

Kontributor : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.