Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Dilaksanakan Jajaran Ansor-Banser di Seluruh Bali

pwnubali.or.id – Sesuai dengan intruksi dari Pimpinan Pusat serta Kasatkornas, seluruh jajaran Ansor – banser di semua tingkatan serentak menggelar upacara bendera memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke 76 di daerah masing-masing.

Di Bali, Segenap jajaran pimpinan Ansor wilayah maupun cabang serentah menggelar upacara bendera di daerah masing-masing. Dari 9 Kabupaten/kota hanya ada dua yang tidak melaksanakan karena gabung dengan derah lain yaitu, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten bangli.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah rangkuman Upacara Bendera yang dilaksanakan oleh segenap jajaran Ansor dari tingkat wilayah dan cabang se-Provinsi Bali;

Pertama adalah dari Jajaran Pimpinan wilayah Gerakan pemuda Ansor Provinsi Bali. PW Ansor-Banser Bali mengelar upacara bendera di sekretariat PWNU Bali, Jalan Pura Demak no 31, Banjar Buagan, Pemecutan Kelod, Denpasar barat, Denpasar, Bali dan dipimpin langsung ketua PW Ansor Bali, H. Yunus Naim.

Kegiatan ini bersinergi dengan mahasiwa Isntitut Sains dan Technologi Nahdlatul Ulama Bali (ISTNUBA), dibantu dengan PW LTNNU Bali serta beberapa jajaran Ansor – Banser dari Cabang-cabang.

Kedua adalah pelaksanaan upaca bendera yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ansor Jembrana. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman Sekretariat PCNU Jembrana di Jl. Raya Negara-Pengambengan No.KM, Tegal Badeng Bar., Kec. Negara, Kabupaten Jembrana, Bali dan dipimpin oleh sekretaris PC Ansor Jembrana, Sahabat Zainal Abidin.

Yang ketiga adalah pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan oleh jajaran PC Ansor Buleleng. Upacara tersebut bertempat di Buyan Pancasari Buleleng dan dipimpin langsung oleh ketua PC Ansor Buleleng Karim Abraham.

Selain berjalan dengan hikmad, upacara tersebut cukup menarik karena dilaksankan sembari bercamping di pinggir danau serta sambil menyelam. Pihaknya juga mengajak beberapa pemuda disamping para anggota Ansor PAC Gerogak dan PAC Sukasada.

Selanjutnya yang keempat adalah Upacara Bendera yang dilaksanakan oleh PC Ansor Karangasem. Upacara tersebut bertempat di MIN karangasem, dan dipimpin Langsung oleh Ketua PC Ansor Karangasem, sahabat Hadzli Hidafi

Usai pelaksanaan Upacara Bendera, acara dilanjutkan dengan pemberian Bansos ke Warga tidak mampu di Karangasem, bali. Dengan peringatan kemerdekaan ini diharapkan semua pihak mau untuk saling bahu-membahu membantu warga yang tidak mampu maupun sedang berada dalam kesulitan.

Kemudian yang kelima dalah pelaksanaan Upacara Bendera oleh PC Ansor Tabanan. Upacara tersebut berlokasi di Baturiti dan dipimpin oleh WakasatKorcab ndan Lukman. Bersama segenap personel Ansor Banser Tabanan maupun Cabang terdekat, Upacara berjalan dengna lancar dan Hikmad.

Selanjutnya keenam adalah dari PC Ansor Gianyar. Upacara Bendera peringatan Kemerdekaan RI dilaksanakan di Halaman TK Khodijah, utara taman makan Pahlawan jalan raya bona, bitera, Gianyar, Bali. Dalam upacara tersebut dipimpin oleh ketua PC Ansor Gianyar, sahabat Mursalin dan diikuti oleh segenap jajaran Ansor Banser Gianyar serta Fatayat Gianyar.

Ketujuh, Pelaksanaan Upacara Bendera oleh PC Ansor Badung. Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI tersebut dilaksanakan di Sekretariat PC Ansor Badung,  Jalan Nusa Indah No.34 A Tibubeneng Kuta Utara, Badung. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PC Ansor badung, Zainal Abidin dan diikuti oleh segenap personel Banser, Pagar Nusa hingga beberapa tokoh setempat.

Terakhir atau kedelapan adalah dari PC Ansor Kota Denpasar. Upacara Bendera berlangsung di Jl Gunung Gede, Padang Sambian, Denpasar Barat, Bali. Upacara tersebut dimpinpin oleh Sekretaris GP Ansor Denpasar dan diikuti oleh segenap Ansor-Banser se-Kota Denpasar.

Demikian serangkaian Upacara yang dilaksanakan oleh Ansor – Banser se-Provinsi Bali. Sebagaimana yang disampaian oleh ketua PW Ansor Bali, H. Yunus Naim, Upacara ini selain intruksi dari pusat juga sebagai refleksi diri untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang memperjuangkan segalanya untuk kemerdekaan yang bisa kita nikmati saat ini.

“Upacara Bendera memperingari Hari Kemerdekaan Indonesia perlu kita lakukan dan terus dilestarikan sebagai refleksi diri bagaimana perjuangan para pahlawan dalam memperjuangakan kemerdekaan. Karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” kata H. Yunus Naim dalam amanat upacara di PW Ansor Bali.

Kontributor : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.