Peringati Hari Santri Nasional 2020, PCNU Jembrana Gelar Serangkaian Acara

0
288

PWNUBALI.OR.ID | JEMBRANA

Rangkaian acara PC NU Jembrana dalam memperingati Hari Santri Nasional 2020 dimulai dengan mengikuti Istighotsah Kubro yang dilakukan secara daring langsung dari PW NU Bali hari Rabu malam (21/10).

Keesokan harinya (22/10), PC GP Ansor Jembrana mengomandoi Upacara Bendera untuk memperingati Hari Santri Nasional 2020 yang diadakan di halaman gedung PC NU Jembrana.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2020 PCNU Jembrana

Upacara Bendera peringatan Hari Santri tahun ini melibatkan Keluarga Besar PC NU Jembrana, Banom dan Lembaga NU Jembrana. Selain itu Santri dari beberapa pondok pesantren di kabupaten Jembrana juga nampak hadir dalam upacara ini. Turut hadir kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Jembrana selaku Inspektur upacara, Kepala Seksi Penda Islam, Kasi Bimas dan Penyelenggara haji Kab. Jembrana.

Mentri Agama RI, Fachrul Razi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Jembrana I Made Sudarmita mengatakan penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, merujuk pada peristiwa tercetusnya “Resolusi Jihad” Yang berisi fatwa KH. Hasyim Asy’ari tentang kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mentri Agama menjelaskan, Untuk peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa Dunia Internasional tak terkecuali Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). InsyaAllah Negara kita bisa melewati pandemi covid-19 dengan baik dan aman.

Sebelum menutup sambutannya, Mentri Agama RI Fachrul Razi mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2020, Santri Sehat Indonesia Kuat.

Aksi PC Pagar Nusa Jembrana

Diakhir serangkaian acara hari santri nasional 2020 yang diadakan oleh PC NU Jembrana. PC Pagar Nusa Jembrana turut memeriahkan Hari Santri Nasional 2020 dengan menampilkan beberapa atraksi yang sangat menegangkan. Atraksi tersebut hanya dilakukan oleh ahlinya dan sudah melakukan beberapa kali latihan.

“Diharap tidak meniru atraksi tersebut di rumah,” ujar Pelatin Pencak Silat Pagar Nusa.

Reportase/foto: Didin (LTNNU Jembrana)
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

 

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.