Menyongsong MUSKERWIL II PWNU Bali, Membangun Potensi NU Bali

Rapat SC dan OC yang dilakukan oleh panitia MUSKERWIL II PWNU Bali th 2020

PWNUBALI.OR.ID |

Musyawarah Kerja Wilayah (MUSKERWIL) adalah salah satu wadah realisasi demokrasi warga NU. Selanjutnya dalam tatanan konstitusi organisasi diikuti oleh pelaksanaan  Konferensi Wilayah (KONFERWIL).

Bacaan Lainnya

Kegiatan MUSKERWIL di organisasi Nahdlatul Ulama bertujuan membangun dan mengembangkan Tatanan Organisasi yang berdasarkan AD/ART dalam ruang lingkup Wilayah atau Provinsi. Sementara KONFERWIL dilakukan untuk memilih dan menentukan pemimpin tertinggi Baik Tanfidziyah maupun Syuriah serta Mustasyar dalam periode masa khidmat 5 tahun kepemimpinan organisasi di tingkat Wilayah/Provinsi.

Isi dari MUSKERWIL itu sendiri akan menitik beratkan pada pembahasan Evaluasi serta sidang-sidang Komisi, yang terdiri dari Komisi Organisasi, Program dan Rekomendasi.

Melakukan evaluasi kerja dalam Masa Khidmat 5 tahun itu tidak lah mudah. Harus dijalankan serius, dan hendaknya peserta fokus terhadap pemaparan evaluasi, karena akan menetukan sikap kebijakan yang akan lahir di kemudian hari. Perlu pemikiran yang ekstra, namun tetap pada koridor-koridor keorganisasian “ala” NU tentunya.

Hajat MUSKERWIL PWNU Bali maupun KONFERWIL nantinya juga akan menjadi tolak ukur atau indikator setiap satu periode masa khidmat. Untuk itu, Pengurus / Struktural serta seluruh Banom dan Lembaga termasuk juga pemerhati NU Bali berkewajiban mensukseskan hajat besar tersebut.

MUSKERWIL kali ini mengambil tema yang cukup menggeliat yaitu, “Membangun Potensi NU Bali Era Milenial”. Harus diakui bahwa Pengurus Wilayah NU Bali di masa khidmat 2015-2020 ini di level Tanfidziyah dan Syuriah memang masih didominasi para senior (orang lama), atau baru di kepengurusan namun lama bercokol di NU sebagai NU kultural, jika diprosentasikan di angka 70 % : 30 %, dan 20 % diantaranya di Lembaga dan Banom.

Dari Ghiroh para pengurus NU Bali, jika ditelisik secara detail, tidak terbantahkan roda organisasi selama periode ini telah membuahkan hasil yang cukup membuat NU menggeliat sangat signifikan di beberapa bidang kegiatan, dapat tampil di masyarakat Bali pada umumnya, dan juga cukup mempesona/mengundang perhatian hingga ke pengurus pusat di PBNU.

Akan kah Pengembangan Potensi tersebut dapat terwujud sesuai harapan kita semua? tentu kita akan lihat hasilnya setelah Muskerwil maupun Konferwil dilaksanakan.

Kedua Hajat besar ini membutuhkan sumbangsih Saran, Tenaga serta Donasi dalam pelaksanaannya. Karenanya, penulis menghimbau semua Warga Nahdliyin agar dapat berperan aktif dalam mensukseskannya. Adalah sebuah tanggung jawab moral yg besar bagi kita semua untuk menentukan masa depan PWNU Bali di kemudian hari.

Harapannya, dengan turut aktif berperan dalam ajang ini sebagai warga NU, rasa memiliki dan perduli terhadap kemajuan organisasi ini dapat semakin kuat.

Steering Commitee (SC) dan Organizing Commitee (OC) MUSKERWIL II th 2020 sudah terbentuk dan bekerja. Sudah seharusnya kita mampu mandiri dalam menjalankan proses konstitusi organisasi ini dengan bersungguh-sungguh. Sesuai semangat dari tema yang diusungnya.

Waktu dan tempat pelaksanaan MUSKERWIL II ini telah ditentukan pada 8 Maret 2020 di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali. Semoga semangat tema MUSKERWIL II th 2020 kali ini dapat terwujud.

NU Hebat – Indonesia Maju

Penulis: H. Ekky Rezal M, SE
(Penulis adalah Ketua PW. NU Care LAZISNU Bali)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.