Wisata Ziarah Pondok Pesantren Istiqlal Patas

0
436

PWNUBALI.OR.ID | BULELENG

Pondok Pesantren Istiqlal Patas, melakukan Waisata Ziarah ke dua Makam Wali 7 Bali yaini Makam Kramat Karang Rupit Temukus , Kec. Banjar (Syekh Abdul Qadir Muhammad), juga Makam Kramat Subagan (Habib Ali bin Zainal Abidin Al-Idrus).  Sabtu, (18/01).

Pondok Pesantren Istiqlal beralamat di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Provinsi Bali di bawah asuhan Amar Ma’ruf, berkumpul di Masdjid Al Muttaqien Desa Patas melakukan pejalanan jam 07.00 Wita, berangkat menngunakan Bus berjumlah sekitar 33 santri baik putra maupun putri.

Imam Hasyim As’ari Pengurus Pondok yang juga salah satu dari rombongan menjelaskan, Wisata tersebut dilakukan sebagai refreshing para santri untuk mengambil pelajaran tentang perjuangan wali 7.

“Kita sesekali ajak santri ziarah, sebagai penyegaran sambil mempelajari  sedikit banyak sejarah dua Wali di Bali,” jelasnya.

Ketua Pagar Nusa Buleleng itu menambahkan Wisata Ziarah Pondok Pesantren Istiqlal Patas, tidak hanya ke makam tetapi juga diisi jalan-jalan keberapa tempat seperti berwisata di Air Saneh dan Sarapan, Perjalanan Menuju Subagan,  dan Perjalanan ke Taman Ujung Pesisi.

“Perjalanan itu tak hanya ke Makam, tapi para santri juga kita ajak jalan-jalan ke air sanih, Ujung Pesisi dan Subagan,” tambahnya.

Masih menurutnya, Imam juga menuturkan selain jalan-jalan sebagai penyegaran juga untuk memperoleh keberkahan ilmu, para santri juga disadarkan pentingnya ziarah ke makam agar selalu mengingat akhirat tentang kematian.

“Minimal dengan ke makam para santri ini inget akhirat atau mati, dan dapet keberkahan ilmu,” tutup menantu pengasuh tersebut.

Seperti pada umumnya, para santri putra putri duduk bersila untuk membaca doa, berdzikir, dan membaca Al-Qur’an yang di pimpin pengasuh diakhiri sedekah bersama-sama.

Ziarah yang merupakan tradisi Annahdiyah tentu menjadi pelajaran penting bagi para santri Istiqlal, disamping menambah pengetuhuan juga memberikan bekal kepada santri dan pengurus guna mengetahui Ulama-ulama pesyi’ar di-Bali.

Dari sembilan tempat yang disinggahi, Rombongan Wisata Ziarah Pondok Pesantren Istiqlal Patas melakukan perjalan selama 15 jam tiba di Asrama sekitar Jam 22.00 Wita.

Penulis : Irfandi

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.