Maulid Nabi SAW Warga Madura Bali (KAMALI) Badung, Sekaligus Pelantikan Pengurus

PWNUBALI.OR.ID | Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Badung, I Made Widiada mengatakan bahwa masyarakat agar membuka diri. “Mengelompok itu bagus, sebagai wujud kebersamaan, namun juga harus dapat membaur dengan kelompok lain di masyarakat,” jelasnya.

Demikian disampaikan Widiada saat memberi sambutan dalam pelantikan pengurus Keluarga Madura Bali (KAMALI) yang dikemas dalam rangka memperingati Maulid nabi SAW di Jalan Merdeka IV kelurahan Abian Base Kuta.

“Langkah yang ditempuh para penglingsir warga Madura menemui Bupati Badung Pak Giri, untuk menyampaikan keinginan membentuk organisasi paguyuban keluarga madura menurut saya sangat tepat.” katanya.

Sebelumnya, KH Anwar Hamid, S.Pd.I sesepuh sekaligus Ketua KAMALI dalam sambutan pembukaan mengatakan, “Suatu saat kami berkesempatan bertemu dengan Pak Giri (Bupati), saat itu beliau menanyakan kenapa warga Madura khususnya di Badung yang jumlahnya cukup banyak tidak memiliki wadah organisasi. Tidak seperti komunitas warga lain seperti Paguyuban Keluarga Sunda, Ikatan Warga Banyuwangi (Ikawangi) atau yang lainnya.”

Pertemuan itu menurut Kiai Anwar menjadi bahan renungan para sesepuh keluarga Madura yang kemudian menjadi pembahasan serius diantara mereka.

“Akhirnya melalui Kesbangpol Kabupaten Badung, kami mendaftarkan KAMALI sebagai kelengkapan legalitas,” paparnya.

I Gusti Anom Gumanti S.H, anggota Komisi II DPRD Badung yang turut hadir dan melakukan prosesi pengalungan sorban kepada para pengurus yang dilantik, menyampaikan bahwa dirinya sangat gembira ketika mendengar komunitas warga Madura di Badung telah terbentuk resmi secara hukum. Dirinya menyatakan akan dengan senang hati membantu segala kegiatan KAMALI ke depan.

KH. Imam Qusyairi Syam (Pengasuh Ponpes Minhajul Ihtida’ Situbondo)

Pelantikan Pengurus KAMALI kabupaten Badung ini dirangkai dengan Peringatan Maulid Nabi SAW dengan menghadirkan KH. Imam Qusyairi Syam pengasuh Ponpes Minhajul Ihtida’ Situbondo, dan dihadiri sekitar 1000 warga Madura yang berdiam di Badung.

 

Selain warga, hadir pula KH. Abdul Azis selaku Ketua PWNU Bali, Camat Kuta,Kepala Desa Abian Base, Kelian dinas, Kelian banjar serta para tokoh masyarakat lainnya.

Reportase: Dadie W. Prasetyoadi
Foto: Ikhsan Noor

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.