Da’i LDNU Kota Denpasar: Merayakan Maulid Nabi, Bukti Jiwa Dermawan

PWNUBALI.OR.ID | DENPASAR

Muslimat NU Anak Ranting Al Istiqomah, Monang maning mengadakan Peringatan Maulid Nabi muhammad saw dengan tema Mari Kita Teladankan Akhlakul Karimah Rasulullah bertempat digedung Majelis Miftahul Hidayah Al Hamidiyah, Denpasar. (17/11)

Da’i LDNU Kota Denpasar Ustad Miftahul Arifin mengatakan bahwa telor yang dihias ini adalah bagian dari tradisi yang berasal dari Banyuwangi dan ini baik.

“Jika ada yang tidak suka dengan Maulid biasanya mereka tidak suka membaca kitab, dan senangnya membaca terjemahan. Sehingga memahaminya bertolak belakang dari kitab aslinya,” Terang Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Menurutnya, sekarang ini kalau kita lihat ada orang yang lalai karena akhirat, mereka butuh makanan hati. Bukan hanya santapan jasmani, tapi juga membutuhkan santapan ruhani. Oleh karena itu agar ingat akhirat, perlunya diadakannya kegiatan seperti ini.

“Kalau ada yang mengadakan acara seperti ini maka pahala bagi mereka yang memfasilitasi acara, juga yang ikut nyumbang,” ujarnya lagi

Terkait dengan itu, Ustadz Arifin menjelaskan bahwa penyakit bakhil itu lebih berbahaya daripada sakit jasmani, yang kalau sudah sembuh selesai. Tapi kalau bakhil ini akan dibawa sampai akhirat.

“Orang kaya tidak usah lama-lama beribadah, wirid mereka adalah di jalan-jalan dengan bawa uang untuk berikan kepada orang-orang yang membutuhkan,” katanya.

Diakhir ceramahnya, Da’i anggota LD PCNU Kota Denpasar ini mengutip pesan Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki bahwa bid’ah itu mutlak sesat jika bertentangan dengan ajaran Rasulullah SAW, atsar sahabat, dan ijma ulama. Sedangkan sesuatu yang baru yang tidak bertentangan dengan ajaran agama, atsar sahabat, ijma ulama maka itu adalah sesuatu yang baik.

Reportase/Foto: Syahrial Ardiansyah
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.