Gelar DIKTAMA PASTI Perdana di Bali, PC Pagar Nusa Buleleng Berharap Kuatkan Ghiroh Berkhidmat

PWNUBALI.OR.ID

Buleleng – Jum’at, (22/12/2023) kemarin, PC Pagar Nusa Kabupaten Buleleng menggelar DIKTAMA (Pendidikan Pertama) Pasukan Inti Pagar Nusa Se- Provinsi Bali untuk meningkatkan ghiroh berkhidmat di Nahdlatul Ulama khususnya Pagar Nusa.

Bacaan Lainnya

DIKTAMA tersebut merupakan pertama kalinya dilaksanakan khususnya di Provinsi Bali yang dalam kesempatan ini PC Pagar Nusa Kabupaten Buleleng menjadi penyelenggara sekaligus penggagas utama untuk dilaksanakannya Kaderisasi tersebut.

Dok. Kegiatan Diklatama Pasti Pagar Nusa Provinsi Bali di Buleleng

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut dari tanggal 22-24 Desember 2023 yang bertempat di Pondok Pesantren Istiqlal Desa Patas, dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh PCNU Kabupaten Buleleng beserta Lembaga dan Badan Otonom tingkat cabang dan juga para senior atau sesepuh pendekar Pagar Nusa yang ada di Buleleng.

“Pendidikan ini merupakan Langkah awal kita dalam membangkitkan ghiroh Pagar Nusa khususnya di Buleleng dan pada umumnya di Bali. Pasukan Inti Pagar Nusa ada untuk membantu menjaga para ulama NU dan NKRI dari rongrongan yang ingin merusak negara dan menjatuhkan martabat para ulama kita,” papar ketua Pagar Nusa Buleleng, Imam Asyhari.

“Pasukan Inti Pagar Nusa selalu kami tekankan nantinya untuk selalu siap siaga bilamana kita dibutuhkan dalam situasi apapun. Harapan dari adanya Pasukan Inti kedepan NU ini akan semakin kuat bukan justru melemah,” imbuhnya.

Dok. Kegiatan Diklatama Pasti Pagar Nusa Provinsi Bali di Buleleng

Pada masa operasi naga hidup Pagar Nusa sedang berkembang pesat di buleleng tercatat anggota PASTI (Pasukan Inti) ada 50 orang yang sudah mengikuti pelatihan di Banyuwangi dan Pondok Pesantren Al Qodiri Jember. Setiap Ranting memiliki PASGA (Pasukan Laga) yang jumlah minimal pada saat itu kurang lebih 50 orang. Sehingga pada saat apel TG se-Provinsi Bali di Taman Kota Singaraja dipadati dengan ‘Semut Ireng’.

“Semoga dengan Bangkitnya Pagar Nusa saat ini memberikan perkembangan yang lebih baik,” harapnya.

Pagar Nusa merupakan suatu organisasi yang berbasis seni bela diri dimana di atur dalam ART NU bab 5 pasal 18 ayat 7 huruf K dan merupakan perangkat organisasi NU yang sejajar dengan Badan Otonom NU.

“Saya sangat bangga pada anggota PASTI dan mudah-mudahan ilmu yang di dapat semoga bermanfaat bagi Negara dan NU,” tutur H. Rahmat Albayhaqi, Ketua PCNU Kab. Buleleng.

Dok. Kegiatan Diklatama Pasti Pagar Nusa Provinsi Bali di Buleleng

Ketua PW PSNU Pagar Nusa Provinsi Bali, Asy’ari Muslih menyampaikan bahwa DIKTAMA PASTI saat ini merupakan pertama kalinya di Bali yang diselenggarakan oleh PC Pagar Nusa Buleleng. Pria yang aktif di Denpasar tersebut berharap kegiatan tersebut bisa diikuti cabang – cabang yang lain se Bali sehingga Anggota PASTI Bali semakin banyak lagi.

“PASTI ini merupakan bagian khusus pengamanan dari Pagar Nusa untuk menjaga ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah,” papar Ketua PW Pagar Nusa Bali.

“Harapan dari kegiatan ini kedepan mari kita sebagai bagian dari perangkat organisasi NU yang memiliki kewajiban menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, Agama, Ulama dan Masyarakat senantiasa tetap selalu memegang teguh ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dalam setiap Langkah kita,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.