Kagumi Kultural NU, Roland Lukens Bull Professor University of North Florida Lakukan Study Banding bersama ISTNUBA

Dok. Roland saat menyampaikan sambutan di ISTNUBA

PWNUBALI.OR.ID | Denpasar-Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali (ISTNUBA) mendapati kunjungan study banding dari University of North Florida (UNF) dan Bali Institute. Kunjungan yang dilaksanakan Sabtu [10/6] itu berlangsung sederhana di Gedung PWNU Bali.

Selama kegiatan kunjungan berlangsung terdapat beberapa hal menarik yang mengundang tawa, salah satunya saat Roland Lukens Bull menjadi translator untuk semua sambutan tanpa terkecuali dirinya sendiri.

Bacaan Lainnya

Dalam wawancaranya, Roland menyampaikan rasa senangnya melakukan kunjungan ke ISTNUBA dan PWNU ini ditambah mengenalkan Islam dan NU pada mahasiswa dari North Florida yang mana tentu akan berbeda ketika mereka mempelajarinya hanya melalui media masa Amerika. “Saya sangat senang tentunya, dapat mengenalkan Islam dan NU ini kepada mahasiswa-mahasiswa. Karna kalau hanya lewat media masa Amerika akan berbeda” ujarnya.

Dok. Penyerahan Cindramata ISTNUBA ke Nort Florida University

“Saya kagum dengan NU karena untuk persatuan Indonesia yang multi agama, multi budaya, juga kagum NU yang tidak memaksa siapapun. “ jawabnya saat ditanya bagaimana pandangannya terhadap NU.

Roland sendiri mengaku bukan pertama kalinya mengunjungi NU, sebelumnya ia pernah melakukan penelitian di Pondok Pesantren An-Nur Malang dan Jombang. Maka tidak heran jika ia mampu fasih berbahasa Indonesia dan Jawa.

Kunjungan ini merupakan long trip yang dilakukan oleh UNF dengan dipandu Bali Institut. Ruth dan Yuli dari Bali Institut memyampaikan bahwa ini adalah paket perjalanan yang disediakan oleh Bali Institut. “Bali Institut ini Travel Agent, khusus dibilang Pendidikan dan budaya saja, jadi kita menerima perjalanan pendidikan seperti ini bukan sekedar liburan saja..” ujarnya.

Yuli juga sempat menjelaskan bahwa kunjungan ke ISTNUBA dan PWNU adalah destinasi terakhir mereka untuk education trip kali ini. “Kita sudah ke Wali Pitu, Pondok Pesantren, Masjid, dan yang terakhir ISTNUBA & PWNU ini.”

“Untuk destinasinya itu request dari kampus yang bekerja sama dengan kita. Jadi dari pihak UNF nya bilang tema mereka itu Culture, Wellness, and Religion jadi kita diskusikan beberapa tempat, bahkan dari merekanya sendiri minta ke Wali Pitu, karena Mr. Ronald tau itu. PWNU sendiri kita pilih kebetulan karena saya kenal dengan mas Yaqin dan kebetulan saat saya tawarkan Mr. Ronald menyambut baik karena ternyata beliau juga aktifis di NU jadi sealiran” jelas Ruth saat ditanya alasan mengapa memilih ISTNUBA dan PWNU sebagai salah satu destinasi perjalanan mereka.

Dok. Profesor Nort Florida University berdiskusi dengan Wakil Ketua PWNU Bali dan Rektor Istnuba

Dalam kesempatan lain juga, Rektor ISTNUBA yakni Hj. Azizah Azis S.Pd, M.Pd turut senang dan menyambut baik kunjungan ini. Ia menyampaikan sepakat untuk menghasilkan sebuah output dari kegiatan ini berupa kerjasama antar perguruan tinggi. “Kebetulan lembaga UNF ini kerja sama dengan Bali Institut yang mengarahkan lalu mengunjungi ISTNUBA sebagai ajang untuk saling bertukar pikiran dan study banding yang akan ada outputnya nanti berupa kerja sama antar perguruan tinggi, semoga dari kampus yang UNF ini ada istilahnya study banding kesana atau pertukaran pelajar, bisa juga praktek kerja disana” tuturnya.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan doa bersama dan bersua foto baik dari para mahasiswa UNF dan ISTNUBA hingga petinggi kampus dan PWNU.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.