Ghiroh Satu Abad Nahdlatul Ulama di Bali, Dari Pengurus Wilayah hingga Ranting

Peringatan 1 Abad NU BALI

PWNUBALI.OR.ID – Semarak perayaan 1 abad NU tak hanya digelar oleh Pimpinan Besar Nahdlatul Ulama namun juga seluruh pengurus wilayah hingga ranting NU, pondok pesantren serta jamaah NU lainya.

Begitupula yang dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Bali. Dalam rangka menyambut Satu Abad NU, PWNU Bali mengelar Gebyar Sholawat dan Jalan Sehat berhadiah umroh kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Adapun Gebyar Shalawat 1 Abad NU sebagai acara inti, PWNU Bali mendatangkan Gus Azmi dan Ustadz Fandi serta para habaib dan kiai untuk hadir memimpin acara yang akan digelar pada Minggu 05 Februari 2023 mendatang di Outdoor Balai Budaya “Giri Nata Mandala” Puspem Badung. Acara tersebut dibuka pagi hari dengan jalan sehat dan diakhiri dengan Sholawat di malam hari.

Semangat dan antusias seluruh pengurus serta masyarakat dalam semarak 1 abad NU tidak hanya ditunjukkan oleh PWNU melainkan segenap pengurus NU di semua tingkatan. Hal ini terbukti dari serangkaian acara demi acara yang sudah terlaksana pada akhir bulan Januari ini.

Mulai dari penyelenggaraan berbagai lomba oleh NU Badung khususnya dari MWC NU Kuta Selatan pada senin 23 Januari lalu. Dalam rangka satu abad Nahldtul Ulama, MWC NU menggelar lomba Adzan Subuh dan Sholat Subuh bertempat di MTs Al-Ma’arif Badung.

Kegiatan ini bertujuan, mendidik anak-anak berusia 6-9 dan 10-14 tahun agar mampu melantunkan adzan dengan baik dan benar sesuai tuntanan Nabi Muhammad serta mendakwahkan NU kepada anak-anak.

“Karena Shalat Subuh ada Qunut yang itu amaliyah NU. Iya sekaligus kita mendakwahkan amaliyah NU,” terang Ust. Sofwan selaku ketua panitia kegiatan tersebut.

Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat, bersih pantai serta doa dan munajat bersama yang akan dilaksakan secara serentak di Badung tanggal 4 Februari 2023 mendatang.

Selanjutnya kegiatan PCNU kabupaten Buleleng beserta Banom dan Lembaga memeriahkan satu abad NU dengan menggelar Kirab Panji NU sepanjang 100 km. Kirab Panji 100 km tersebut dilaksanakan selama 2 hari tepatnya pada tanggal 28-29 januari 2023. Titik terakhir kirab panji NU berada di Mushola NUrul Huda Desa Pegayaman, yaitu mushola yang berada daerah tertinggi di Bali dengan puncak ketinggian 1459 Mdpl.

Selain itu, acara dimeriahkan dengan penampilan budaya serta pelantikan Fatayat NU kecamatan Buleleng di eks Pelabuhan Buleleng.

Kemudian disusul dengan Pengajian Akbar dan Gelaran Budaya NU oleh PCNU Kabupaten Gianyar beserta banom dan lembaganya. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2023 atau sehari sebelum Gebyar Shalawat 1 Abad NU dilaksanakan dengan mengundang muballigh KH. Abdul Ghofar dari Banyuwangi. Pengajian akbar tesebut bertempat di Gedung Budaya Gianyar dan disirkan langsung oleh channel NUBali.

Teakhir tidak ketinggalan dengan kabupaten lainnya, PCNU Karangasem beserta Banom dan Lembaga juga turut memeriahkan satu Abad Nahdlatul Ulama dengan menggelar Kirab serta Shalawat yang akan dilaksanakan pada tanggal 05 Februari 2023 mendatang. Rencanan ada 3 rangkaian kegiatan diantaranya: kirab nahdliyin, shalawat serta ratibul haddah, dan pengajian kebangsaan dengan bertempat di Ponpes Nurul Huda Subagan.

Semarak kegiatan 1 abad NU yang dilaksanakan diberbagai tempat termasuk Bali tersebut mengacu pada instruksi dari PBNU kepada seluruh pengurus NU dari tingkat Wilayah hingga ranting, agar menggelar istighotsah sebagaimana yang disampaikan oleh Sekjen PBNU Gus Ipul beberapa waktu lalu.

“Atas perintah Rais Aam (KH Miftachul Ahyar) dan Ketum PBNU (KH Yahya Cholil Staquf), PBNU hari ini menginstruksikan kepada seluruh kantor NU dari pusat hingga ranting, pesantren dan banom dan lembaga melakukan Istigotsah,” kata Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul), diukutip dari laman NU, Senin (23/1/2023).

Sehingga setiap jamaah NU di manapun berada tidak ingin ketinggalan untuk ikut semarak Satu Abad Nahdlatul Ulama dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.