Ilham Syaifur Ridho, Santri Rekomendasi PWNU Bali Raih Beasiswa Al-Azhar Mesir

Dokumen pribadi Ilham Syaifur Ridho, santri Bali raih beasiswa Mesir

pwnubali.or.id – Ilham Syaifur Ridho, putra kelahiran Denpasar, 18 Agustus 2001 dari pasangan Imron dan Noor Khofifah tersebut akan segera melanjutkan jenjeng pendidikan ke Al-Azhar, kairo Mesir setelah lolos dari beberapa seleksi yang diikutinya.

Alumni TPQ-Madin Nurul Iman Kepaon, Denpasar dan Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur tesebut akan sehega bertolak ke Mesir pada tanggal 25 Januari 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Ilham menceritakan bahwa sebelumnya mendapat informasi beasiswa melalui kakak kelasnya yakni (Mas Riza Azkia), kemudian diarahkan ke salah satu staf dari ketua PP NUCARE-LAZISNU (KH. Ajat sudrajat) yaitu ust. Itho’ atoillah atas persetujuan dari kiainya yakni Gus Afif (pengasuh ponpes Darul Ulum Jombang) yang juga merupakan pengurus PBNU. Ust. Itho’Atoillah mengarahkan Ilham agar mendapat surat rekomendasi dari ketua PWNU Bali sebagai salah satu syarat pendaftaran serta melengkapi persyaratan lainnya.

Ilham kemudian menemui Ust. Moh. Agus NS yang saat itu sebagai sekretaris PW LTN NU Bali untuk kemudian mengarahkan ke sekretariat PWNU Bali untuk mendapat rekomendasi. Sesampainya di kantor PWNU Bali, Ilham dibuatkan surat rekomendasi serta diberikan wejangan khusus empat mata oleh ketua PWNU Bali, KH. Abdul Azis kala itu.

Dokumen pribadi Ilham Syaifur Ridho, santri Bali raih beasiswa Mesir

“Pada dasarnya dari PWNU Bali sangat mendukung dan memberikan beberapa masukan. Dan beliau juga mendoakan agar prosesnya berjalan lancar,” kata Ilham saat dihubungi melalui Whatsapp.

Setelah semua pemberkasan selesai, Ilham langsung mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes tertulis dan wawancara. Diantara test yang diikuti adalah Ujian tulis menggunakan Bahasa Arab meliputi Nahwu, Shorof, Balaghah, Imla, Insya’, pengetahuan umum, terjemah Bahasa Indonesia ke Arab, serta Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.

Usai melalui serangkaian test tersebut, Alhamdulillah Ilham dinyatakan lolos dan diterima di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

“Alhamdulillah senang dan bersyukur sekali. Terimakasih saya sampaikan kepada PBNU yang telah memberikan kesempatan untuk bisa menempuh studi disana, semoga selalu bisa menjaga amanah untuk selalu belajar dan menuntut ilmu di sana.” kata Ilham.

“Tak lupa juga terimakasih saya ucapakan kepada Bapak ketua PWNU Bali, Bapak KH. Abdul Aziz,  S. Pd. I, dan pihak-pihak lain yang telah membantu dalam proses pendaftaran, pemberkasan dan proses-proses lainnya, yang mana berkat bantuan dan doa dari beliau lah, alhamdulillah semua proses dapat dilalui dengan lancar. Saya pribadi mohon doanya semoga diberikan kemudahan oleh Allah Swt dalam segala proses,” imbuhnya.

Ilham tidak menyangka bahwa dirinya berhasil lolos Beasiswa tersebut. Hal ini merupakan salah satu cita-cita Ilham untuk melanjutkan jenjang studi ke luar negeri dan, “ingin saling menebar manfat di bidang akademisi atau Dosen,” katanya.

Ayah Ilham, Imron merasa sangat senang, anaknya dapat melanjutkan studinya ke salah astu universitas tertua di dunia. Dengan ini beliau berharap Ilham menjadi anak yang bermanfaat terutama untuk perjuangan Nahdlatul Ulama.

“Semoga menjadi anak yang sholeh, bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, terutama bisa terus ikut berjuang di Nahdlatul Ulama” tandasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.