Sebelum Dipulangkan ke Bali, Rombongan Santri di Bekali Surat Kesehatan

PWNUBALI.OR.ID | BADUNG

Rombongan santri yang dipulangkan dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo ke Bali pada minggu (29/3) telah dilengkapi surat keterangan sehat.

Bacaan Lainnya

Langkah itu menurut Kholidi dari Tim Medis Pospes Nurul Jadid, dilakukan sebagai upaya memastikan bahwa santri yang dipulangkan ke Bali dalam kondisi sehat dan aman dari Virus Corona atau Covid-19.

“Iya mas, kami lakukan pengecekan disini. Bahkan, sebelum mereka dipulangkan, semua santri telah melakukan isolasi mandiri sejak tanggal 16 Maret kemarin,” katanya saat memberi keterangan pada aswajadewata.com melalui sambungan telphon, Senin, (30/3).

Dalam isi surat keteragan tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh Kholidi di No.800/112/426.102.18/2020 menerangkan, “Menyatakan bahwa santri Pondok Pesantren Nurul Jadid telah mejalani Isolasi Mandiri di dalam Pondok Pesantren sejak tangggal 16 Maret 2020, dan warga Pondok Pesantren Nurul tidak ada yang dinyatakan positif, PDP dan ODP untuk Covid 19,” bunyi isi sura yang ditanda tangani oleh dr. Nina Kartika, M.Mkes pada 28, Maret 2020.

Surat keterangan sehat dari PUSKESMAS Paiton, Probolinggo

Selanjutkan, dalam rangka memastikan kondisi para santri yang berjumlah 147 dengan 4 Bus itu, dikawal langsung oleh Satgas Covid-19 Pemerintahan Badung dan Satgas NU Peduli Covid-19 Bali.

Hal ini terlihat ketika pwnubali.or.id memantau langsung pengawalan yang dilakukan Satgas Covid-19 Pemerintah Badung pada Minggu, 29 Maret malam di Central Parkir, Kuta, Bali, yakni dengan mengecek pendataan ulang untuk memastikan identitas setiap santri, serta melakukan penyemprotan desinfektan ke setiap santri yang baru turun dari Bus.

Satgas Covid-19 Pemerintahan Badung, Sekretaris Satgas Covid-19
Bagus Nyoman Wiranata menyampaikan, “kita lakukan deteksi sejak dini (covid-19), pengawasan, dan edukasi kepada santri serta keluarganya yang menjemput,” katanya.

Reportase: Wandi Abdullah (LTN NU Badung)
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.