3 PAC Telah Terbentuk Di Badung

Denpasar, PWNU Bali.
Tiga kecamatan diantara enam kecamatan yang ada di kabupaten Badung sudah terbentuk struktur PAC Pergunu. Dalam waktu tidak lebih dari tiga minggu, PC Pergunu Badung berhasil membentuk tiga PAC Pergunu. Setelah Kuta Utara, dan Kuta. hari ini giliran Kuta Selatan yang dibentuk PAC Pergunu.
Pembentukan PAC Pergunu Kuta Selatan ini betempat di yayasan jami’ Baitul Mustaqim yang dihadiri oleh guru-guru NU yang mengajar di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Banyak guru yang hadir dalam forum silaturrahmi dan koordinasi pembentukan PAC Kuta Selatan ini yang mengaku belum tau atau tidak mengenal Pergunu, sehingga dalam sambutannya ketua PC Pergunu Badung Ispandi, SH. menjelaskan bahwa Pergunu adalah organisasi guru NU yang mengajar di lembaga pendidikan formal maupun non formal yang bertugas untuk mengawal dan mengembangkan faham ahlussunah waljama’ah annahdliyah. dalam kesempatan itu, Ispandi juga menjelaskan bahwa akhir-akhir ini pertarungan faham antar kelompok dalam Islam tidak lagi hanya terjadi di ranah politik tapi sudah masuk jauh ke dunia pendidikan. Menurutnya hal ini bisa dibuktikan bahwa akhir-akhir ini tidak semua madrasah ataupun pesantren adalah berfaham aswaja annahdliyah tapi sudah banyak yang dimiliki oleh orang luar NU bahkan yang sangat bertentangan dengan faham NU yang sudah ikut membidani lahirnya NKRI. Sehingga Pergunu kedepannya akan memiliki peran yang signifikan dalam mengawal dan menyebarluaskan benih-benih pemahaman Islam yang santun dan Islam yang berkarakter nasionalis kepada semua generasi bangsa Indonesia. Dalam sambutannya, Ispandi juga menyampaikan bahwa selain pertarungan di wilayah pendidikan, yang menjadi bidikan berikutnya adalah masjid dan majelis ta’lim. Para penceramah-penceramah dan khotib-khotib jum’at sekarang banyak yang tidak berasal dari NU, sehingga dalam berkhotbah tidak sedikit yang melakukan agitasi dan menyebar informasi yang bersifat fitnah untuk menciptakan kebencian antar sesama warga negara. Sehingga menurutnya, salah satu program yang akan dilakukan oleh PC Pergunu Badung adalah pelatihan khatib untuk mencetak khatib dan para muballig yang sesuai dengan kebutuhan pasar dengan tanpa meninggalkan identitas dari ajaran luhur mbah Hasyim Asy’ari sang pendiri NU. Pergunu sudah sa’atnya memproduksi khotbah dan khatib serta mubalig dan muballigah serta mengkampanyekan kepada semua warga NU untuk tidak lagi menjadi konsumen dari ceramah-ceramah yang anti terhadap kebhinekaan.
Terpilih dalam pembentukan PAC Kuta Selatan sebagai ketua Buston Hidayatullah,S.PdI. wakil ketua, Kurnia jamil dan Anas, S.PdI. sedangkan sekretaris Hanan, S.PdI, wakil sekretaris Nur Hayati dan Abdul Hayyi Sulaiman sedangkan bendahara adalah Rahmatullah, dan wakil bendahara Aini Puji Astuti dan Sykur Bahri.
(Isp/Pergunu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar