Sambut Hari Santri, PBNU Instruksikan Baca Shalawat Nariyah 1 Miliar

JAKARTA — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama akan mengintruksikan Cabang-cabang NU sampai Ranting untuk membacakan Shalawat Nariyah secara serentak dari Aceh sampai Papua. PBNU menargetkan, bacaan tersebut akan mencapai 1 miliar kali.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Ishfah Abidal Aziz intruksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2016. “Nanti kita akan kirim surat intruksi ke seluruh Cabang NU. Cabang mengintruksikkan sampai ranting,” katanya di gedung PBNU, Jakarta, setelah rapat kepanitian peringatan HSN.

Dalam intruksi tersebut, lanjutnya, PBNU meminta pembacaan Shalawat Nariyah dilakukan secara serentak pada tanggal 21 Oktober malam. “Selain PCNU dan Ranting, PBNU juga akan meminta majelis ta’lim, majelis shalawat, dan pesantren untuk melakukan hal itu,” tambahnya.

Ditanya jatah jumlah bacaan masing-masing PCNU, Ranting dan majelis-majelis, serta pesantren, menurut Ishfah, hal tersebut belum ditentukan. “Belum ada pembagian, belum ditentukan,” katanya.

Yang jelas, lanjutnya, ini adalah salah satu cara dari NU untuk mendoakan bangsa agar lebih baik. “Bangsa kita harus disirami Shalawat Nariyah supaya lebih baik. Pengaruhnya sangat baik. Ini bagian dari upaya kita,” tambahnya.

Ishfah menambahkan, sebelum membaca Shalawat Nariyah secara serentak tersebut, dianjurkan untuk mendoakan para pahlawan yang gugur dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan.

Sumber : PWNU-Jatim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.