Syiar Ramadhan Tadarus Al-Quran bersama RRI dan Kemenag Kota Denpasar

0
276

Denpasar, 22 Juni 2017

LPP RRI Denpasar bekerjasama dengan Kemenag Kota Denpasar berdasar surat tanggal, 24 Mei 2017 No. 1058/RRI-DPS/05/2017 melalui Bimas Islam mengadakan kegiatan tadarus Al-Qur’an yang disiarkan langsung pukul 21.00 – 22.00 wita di Studio Integrasi Pro 1 RRI Denpasar FM 88.6 MHz selama bulan Suci Ramadhan 1438 H. Kegiatan ini dimotori oleh Penyuluh Agama Islam Kota Denpasar dengan merangkul majlis taklim, remaja masjid, Madrasah Diniyah, TPQ dan elemen Ormas Islam untuk bertadarus bersama membaca dan menghayati wahyu Al-Qur’an, menghidupkan serta menyemarakan syiar ibadah di bulan Suci Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

Ini adalah kali pertama LPP RRI Denpasar bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Denpasar dalam program siaran Tadarus Al-Qur’an live on air melalui studio RRI yang mana pada tahun-tahun sebelumnya RRI Denpasar melakukan melakukan siaran live tadarus Al-Qur’an dari Masjid ke Masjid.

Kegiatan ini mendapat respon yang baik dikalangan masyarakat Muslim untuk menghidupkan malam-malam di bulan suci dengan bertadarus membaca kitab suci Al-Qur’an. Hal ini ditengarai dengan semangat antusiasme majelis taklim dalam menerima dan menghadiri jadwal siaran dengan penuh semangat dan keriangan, serta gairah jamaah majelis taklim mendengarkan lantunan ayat suci yang disiarkan studio Pro I RRI Denpasar FM 88.6 MHz. .

“Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang istimewa untuk beramal membaca Al-Qur’an sebanyak-banyaknya disamping melakukan amal ibadah wajib lainnya. Ini juga menjadi momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat Muslim dalam membaca bertadarus Al-Qur’an seperti yang dilakukan oleh para sahabat Nabi. Mereka qiyamul lail dengan mengkhatamkan Alquran. Selain itu juga Rasulullah SAW setiap bulan Ramadhan membacakan Al-Qur’an di hadapan Malaikat Jibril.” Tutur Ustadz Anwar Hidayat, M.Pd.I selaku koordinator penyuluh Kota Denpasar.

“Dengan adanya kegiatan tersebut semoga dapat menumbuhkembangkan semangat membaca Al-Qur’an dikalangan kaum Muslimin, serta menjadikan kitab suci Al-Qur’an menjadi bacaan yang pertama dan utama, sehingga geliat membaca Al-Qur’an menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Al-Qur’an. Sehingga terwujudlah Masyarakat yang Qur’ani yang berakhlaq Al-Qur’an sebagaimana Rasulullah Muhammad Saw sang Uswatun Hasanah yang Akhlaqnya adalah Al-Qur’an.” Pungkasnya.

Dipenghujung tadarus, diakhiri dengan Do’a khotmil Qur’an yang dibaca dan diaminkan oleh Penyuluh kota Denpasar yang berjumlah 38 orang baik PNS maupun Non PNS, Kasi Bimas Islam Kota Denpasar, Kepala KUA seKota Denpasar dan perwakilan donatur yang mensuport kegiatan ini diantaranya dari Baznas Kota Denpasar, Kencana Textil, Penggadaian Syariah dan PT Nazar Tour Jaya Mandiri biro Umroh dan Haji Plus yang telah memberikan tali asih penghargaan bingkisan Ramadhan kepada segenap Penyuluh yang telah memotori kegiatan dan para jamaah yang telah bertadarus selama bulan puasa.

Aacara program siaran selasa ditutup pada 20 Juni 2017 pukul 22.00 wita bertempat di Aula RRI Denpasar. Ibu Hj. Estu Prihatiningsih selaku Kasi Bimas Islam Kota Denpasar menyampaikan ucapan terimakasih kepada LPP RRI Denpasar yang telah bekerja sama dalam menyemarakan syiar Islam dibulan suci Ramadhan, dan kepada segenap penyuluh dan jamaah yang telah mengisi tadarus selama bulan puasa.

“Semoga terjalin silaturrahim yang erat sehingga kegiatan ditahun mendatang dapat lebih sukses dan dapat menyentuh Masyarakat Muslim secara luas.” Pungkas Hj. Estu

Rangkaian acara kegiatan ini ditutup oleh ibu Dra. Shophia Endang Widowati selaku kepala LPP RRI Denpasar yang mengucapkan terimakasih kepada kementerian Agama Kota Denpasar yang telah bersemangat bekerjasama dan mensukseskan program siaran Ramadhan dan kepada segenap Penyuluh Agama Islam, majelis taklim, Madin/TPQ dan Ormas Islam yang turut serta bertadarus dan mensukseskan Acara. Dan berharap semoga ditahun mendatang program tadarus Al-Qur’an berjalan lebih sukses dan semarak lagi.

Red : Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.