Generasi yang Menghargai Jasa Pahlawan

0
539

Oleh: Delda

Pahlawan Indonesia adalah orang-orang yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia dengan seluruh harta, jiwa raga sampai titik darah penghabisan. Dengan memperingati hari pahlawan yang jatuh setiap pada tanggal 10 November, diharapkan dapat membangkitkan semangat rakyat Indonesia, khususnya para pemuda-pemudi sebagai generasi Indonesia. Ada ungkapan yang mengatakan,“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan”. Sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib mencintai dan mengisi kemerdekaan dengan cara meneruskan perjuangan mereka. 
Mempertahankan kemerdekaan sangat berat, tidak seberat merebut kemerdekaan, mengapa demikian? karena cara mempertahankan kemerdekaan saat ini adalah, kita harus melawan ancaman yang datang dari dalam, bukan hanya dari luar saja. Dan lebih berat melawan ancaman dari dalam.
Nah, bagaimana generasi yang menghargai pahlawannya? Apakah hanya sekedar mengingatnya atau menziarahi makamnya? Atau dengan mengucapkan, “Selamat Hari Pahlawan”? Atau memajang foto-fotonya di dinding rumah atau kantor-kantor? Atau dengan menulis sejarahnya?
Semua itu sangatlah baik. Tetapi melanjutkan perjuangan mereka adalah yang paling utama. Perjuangan para pahlawan masih belum selesai. Kita harus tetap melanjutkannya. Perjuangan kita akan lebih berat, karena kita bertahan dan terus mempertahankan sehingga kemerdekaan yang telah diperjuangkan mereka tetap utuh dan bermakna.
Maka, kita yang saat ini sebagi pelajar atau mahasiswa, perjuangan kita adalah semangat dan serius meraih prestasi setinggi-tingginya. Jangan sampai menjadi generasi yang terjerat dalam kubangan narkoba dan pergaulan bebas, yang dapat merusak kesucian kemerdekaan negara kita. Pergaulan bebas adalah penjajahan yang menghancurkan generasi kita. Ketika generasi kita hancur, maka negara kita tercinta ini akan hancur pula.
Selain itu, kita semua tahu, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, didalamnya terdapat banyak perbedaan-perbedaan, mulai dari suku, ras, adat, budaya, bahasa dan agama. Dengan kondisi bangsa yang majemuk, kita diwajibkan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, karena kita semua adalah saudara, Indonesia adalah rumah kita bersama dan wajib kita jaga. 
Kita sebagai generasi pengisi kemerdekaan harus menjaga perbedaan yang saat ini seringkali dijadikan senjata untuk mengadu domba kita. Maka, sungguh sangatlah berat dan tidak sederhana perjuangan kita sebagai generasi yang senantiasa melanjutkan perjuangan para pahlawan, sebagai wujud perhargaan kita kepada jasa mereka. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ demi Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan damai. 
Selamat Hari Pahlawan! Semoga amal ibadah para pahlawan kita, diterima di sisi Allah Swt. Amiin

TINGGALKAN KOMENTAR