Empat Ribu Santri di Badung Larut dalam Kirab Resolusi Jihad

0
449

Kuta, 22 Oktober 2017
PC. Pergunu Badung menggelar acara kirab resolusi jihad yang diselenggarakan di lapangan senapan kompi A Raider 900/SBW Tuban. Acara tersebut dihadiri tidak kurang dari 4.000 santri yang dengan serempak menyanyikan lagu syubbanul wathan di sepanjang jalan Kuta dan Tuban. 

Apel Santri peringati Resolusi Jihad NU

Ditemui di tengah-tengah acara kirab dan apel hari santri nasional, Ispandi, ketua PC Pergunu Badung menjelaskan bahwa acara kirab resolusi Jihad ini dilaksanakan untuk mengingatkan semua umat Islam tentang peristiwa resolusi Jihad KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 sebagai bentuk komitmen terhadap bangsa dan negara dengan mewajibkan seluruh umat Islam dalam radius 94 KM untuk angkat senjata dan berperang dalam mempertahankan kemerdekaan yang baru diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Ispandi juga menjelaskan bahwa resolusi Jihad adalah merupakan embrio atas lahirnya perlawanan arek-arek Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945. Dan sekaligus juga menjadi jembatan emas kedua setelah proklamasi kemerdekaan. 

Menurut Ispandi, Pergunu berkepentingan  melakukan kirab resolusi jihad untuk meluruskan makna jihad yang sebenarnya baik dalam merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. 

Banom-banom PWNU Bali turut hadir

Hadir dalam acara tersebut Dandim 1611 Badung, kapolres Badung yang diwakili oleh kasat Narkoba semua PCNU Badung, Banom PWNU Bali, dan guru TPQ, MADIN dan Madrasah se-Badung.(*)

LTN NU Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.