Aksi Bersih Pantai, PWNU Bali Kerahkan seluruh Banom dan Lembaga

0
379

Dalam rangka mewujudkan Bali yang bersih dan nyaman, Komunitas Muslim Peduli Bali berencana untuk menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai. Tepatnya di Pantai Petitnget hari Ahad, 7 Januari 2017 mendatang. Setidaknya Lebih dari 50 Ormas dan Komunitas Muslim yang ada di Bali telah siap untuk andil dalam kegiatan tersebut.

Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bali yang merupakan bagian dari aksi tersebut, mengadakan rapat bersama para pengurus baik Banom dan Lembaga pada hari Rabu malam (4/1) di gedung PWNU Bali. Dalam rapat tersebut turut hadir H. Ekky Rezal M.SE selaku penanggung jawab acara bersih-bersih pantai. Selain H. Ekky sebagai penanggung jawab dalam kegiatan bersih pantai adalah H. Ismoyo Soemarlan M.Par.

Dalam rapat yang di gelar di Gedung NU malam tadi memutuskan bahwa PWNU Bali akan mengerahkan seluruh Banom dan Lembaga untuk andil dalam kegiatan Aksi Bersih Pantai. Mulai dari jajaran Tanfidziyah, Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat, IPNU, LTNU, LDNU dan lain sebagainya.

H. Ekky menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah “untuk menjaga kebersihan yang memang menjadi ajaran penting dalam Islam. Islam mengajarkan cinta lingkungan dengan menjaga dan merawatnya. Selain itu untuk menguatkan silaturrahim antar komunitas muslim yang ada di Bali.”

Rencananya Aksi Bersih Pantai dilaksanakan pada hari Ahad, 07 Januari 2018 mulai pukul 06.00 Wita sampai selesai. Lokasi yang menjadi target aksi bersih pantai adalah seputaran pantai Petitenget. Sementara total perhitungan peserta Aksi Bersih Pantai dari semua Lembaga dan Banom, serta beberapa organisasi dan lembaga pendidikan, kurang lebih berjumlah 1559 peserta dan masih terus bertambah. Hal ini tak lepas dari kesadaran diri masing-masing peserta khususnya umat muslim dalam menjaga kebersihan di Bali.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan sebagai warga masyarakat yang tinggal di Pulau Bali baik muslim ataupun non muslim hendaknya sama-sama menjaga kebersihan dan kenyamanan di Bali. Kegiatan ini hanyalah wujud kecil dari rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Disisi lain sebagai muslim kegiatan ini sekaligus sebagai wujud dari keimanan seorang muslim. Yang mana selama ini sebagai muslim belajar bahwa “Kebersihan adalah sebagaian dari Iman”. Menjaga lingkungan agar bersih dan sehat adalah salah satu bagian dari bukti keimanan seorang muslim.(TM/MM)

TINGGALKAN KOMENTAR