6200 Muslim Bersihkan Pantai Sepanjang 5300 Meter

0
166

Sebelum matahari terbit, komunitas muslim dari 54 ormas berbondong-bondong mendatangi daerah pantai selatan Denpasar. Tepatnya di pantai Kuta, Padma, Doble Six dan Petitenget. Di sepanjang pantai 5300 meter, sebanyak 6200 muslim memungut dan menyapu sampah yang berserakan di pantai.

Aksi Bersih Pantai ini dihadiri Wakil Bupati Badung bersama para Pejabat Desa. Ketua PWNU Bali yang mengerahkan warganya sebanyak 2200 orang juga hadir dan ikut bersih-bersih pantai. Begitu juga H. Ekky Rezal M.SE Dan H. Ismoyo Soemarlan M.Par yang menjadi Inisiator/Penggagas kegiatan ini.

Ekky sebagai salah satu penggagas dari LPBI NU Bali mengatakan, “Buat saya, ini merupakan momentum besar bagi persatuan umat Islam. Melalui kebersamaan dalam memperhatikan lingkungan dan kebersihan Umat Islam. Menyatu dalam wadah Komunitas Muslim Bali. Inilah sebagian dari “Potret” Masyarakat Muslim di Bali. Kita satu, kita bersama dan kita bersaudara. Semoga ini awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya dalam bentuk dan tempat event yang berbeda.”

54 komunitas yang hadir yaitu, Fosiba, RWM Musholla Al-Qomar, STAI Denpasar, Aisyiyah, RWM Nurul Iman Padang Udayana, Yayasan Al Hikmah Joglo YAHJ, MA Al Muhajirin, Kelompok pengajian Edo Jaya Bali, Musholla Syuhada, BSMI Bali, OSIS SMA Albanna Denpasar, PII Bali, Bali Hotel Association, Wanita Islam, Pemuda PUI Bali, IPHI Wilayah Bali, ICMI Bali, Pesantren Digital, KAKAMMI Bali, KAHMI Bali, JSIT, Santri LaRoyba BBI Tbn, KM.NRC, Musholla Alfattah Ubung, Masjid Muhammad, PSNU Pagar Nusa Kuta Selatan, Sosial Ummat Kuta Selatan, JPMI Badung, MBB Sanur, Biker Soleh and Likolaki, Musholla Nurul Hidayah Anggrek Pemogan, HMI STAI, Keluarga Besar PII Bali, BTB Provinsi Bali, Guru TK Harapan Mulia, Sekolah Harapan Mulia, Masjid Attaqwa Polda Bali, IKMS Daerah Bali, Angkatan Muda Siliwangi dan Bamus, Oi Blankot Denpasar, PWNU Bali & Banom, Al Falah Kepaon, Masjid Agung Sudirman, Muslim Puriwaturenggong, Ikatan sekretaris Indonesia cabang Bali, BKMM Provinsi Bali, JPRMI, Formad Bali, Pengajian Taufiqurrohman Mahendradatta, Muhammadiyah, Komunitas Balad Pingpong, Musholla Baitul Mu’minin, Musholla Al Kautsar Padang Asri, Hijab Sister Bali, FPMI Universitas Udaya, Forum Lingkar Pena (FLP), Mutiara School dan LDII Bali, Majelis at-Tadzkir.

“Ada tiga poin penting dalam Aksi ini. Pertama, niatkan membersihkan hati dari kotoran yang namanya dengki, hasud dan dendam. Kedua, mempererat tali silaturrahim antar sesama dalam menjaga kenyamanan lingkungan. Ketiga, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman sebagai bukti menjaga tanah air, sebagai wujud cinta tanah air.” Pungkas Ketua LTN NU Bali yang juga salah satu panitia kegiatan aksi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR