Sorotan Publik, Banyak Yang Menanti Hasil Muktamar NU ke 34 Lampung

Dokomentasi Muktamar NU edisi sebelumnya

pwnubali.or.id – Sejak awal bulan Desember tahun ini, ramai pembicaraan di sosial media adalah mengenai Muktamar NU ke 34 Lampung. Pagi ini (22/12) secara resmi Muktamar NU ke 34 telah di buka dengan dihadiri beberapa tokoh mulai dari Presiden RI, Ir Joko Widodo beserta Ibu Iriana, Wapres RI, KH Ma’ruf Amin hingga tokoh lain seperti M. Yusuf Kalla.

Di samping itu, hadir pula sejumlah pejabat negara seperti Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Pimpinan Forum Sufi Dunia yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi Yahya juga hadir di Pembukaan Muktamar.

Bacaan Lainnya

Muktamar ini berlangsung pada 22-23 Desember 2021. Pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menjadi salah satu isu yang paling disorot.

Meski agenda Muktamar NU bukan cuma soal pergantian pengurus PBNU, tapi suksesi jabatan ketua umum PBNU dan perangkatnya menjadi satu hal yang ditunggu banyak pihak. Publik belakangan ini sudah ramai membincangkan perihal bursa kandidat ketua umum PBNU masa bakti 2021-2026 mendatang.

Muktamar 32 di Lampung dan Muktamar 33 di Jombang periode lalu telah menghasilkan beberapa keputusan penting untuk NU serta dipilihnya KH. Said Aqil Sirodj menjadi Ketua Umum PBNU selama dua periode. Didampingi ulama khos, Almarhum KH. Sahal Mahfudz dan KH. Ma’ruf Amin sebagai Rois Amm.

Sementara Muktamar NU ke 34 Tahun ini di Lampung juga akan membahas beberapa hal sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini. Dengan mengankat tema; Menuju Satu Abad NU; Membangkitkan Kemandirian Warga, Untuk Perdamaian Dunia, diharapkan agar NU dapat mendiri sehingga menciptakan perdamaian dunia.

“jejak pengetahuan dan kebijaksanaan dapat mewujudkan sikap kemandirian. Hal itu tercermin dari pribadi-pribadi besar kiai NU dalam mendirikan dan mengasuh pondok pesantren. Hanya dengan menjadi mandiri, seseorang baru bisa menyumbangkan sesuatu, berkontribusi kepada kehidupan, dan berkhidmat pada peradaban dunia,” Kata Kiai Said saat memberikan sambutan dalam pembukaan Muktamar NU ke 34.

Patut dinantikan siapakan yang akan melanjutkan tonggak kepemimpinan Organisasi Islam terbesar di Indonesia tersebut. Semoga Muktamar NU ke 34 menghasilkan keputusan yang memberikan kemaslahatan untuk umat, bangsa dan negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.