Kuatkan Identitas dan Legalitas, PW IPPNU Bali Gelar Sosialisasi Kartu Tanda Anggota Online

Dok. KTA IPPNU Nasional

pwnubali.or.id – Kartu Tanda Anggota (KTA) IPNU-IPPNU merupakan salah satu upaya untuk menguatkan identitas dan legalitas anggota serta upaya untuk menertibkan administrasi yang dapat dikelola dari tingkat bawah hingga pusat. Semua anggota IPNU-IPPNU di semua tingkatan wajib memiliki KTA secara nasional sehingga sosialisasi KTA online perlu ditingkatkan sampai ke tingkat bawah.

Berangkat dari hal tersebut, Hari Ahad (12/12) kemarin, PW IPPNU Bali menggelar sosialisasi KTA Online secara daring melalui google meet dan diikuti segenap anggota IPPNU PC-PAC se-Bali dengan tujuan semua anggota IPPNU se-Provinsi Bali dapat memahami prosedure pembuatan KTA Nasional dengan benar.

Bacaan Lainnya

“Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, berbagai inovasi teknologi terbaru pun bermunculan. Selain dalam segi komunikasi, teknologi dalam bidang informasi juga sangat membantu kita dalam banyak hal. Termasuk seperti KTA ini, selain berfungsi untuk tertib administrasi juga memperkuat identitas dan legalitas sebagai anggota IPPNU. Dengan KTA kita juga lebih mudah mengenal kader yang mana dikarenakan IPPNU mempunyai database dari setiap periode dan terjamin valid.” kata Ketua PW IPPNU Bali, Saidah Husnia, S.Pd.

Dok. Sambutan Ketua IPPNU Bali dalam acara Sosialisasi Kartu Tanda Anggota (KTA) IPPNU online

“Harapan dari sosialisasi ini agar pengurus IPPNU Bali diseluruh tingkatan dapat turut serta mensosialisasikan program tersebut di tingkatan nya masing-masing sehingga seluruh anggota dapat mengetahui informasi ini serta mengikuti prosedurnya dengan baik dan benar,”imbuhnya.

Dalam acara tersebut, Sekretaris PW IPPNU Bali, Septiana Riski memberikan sosialisasi tentang cara pendaftaran online KTA IPPNU serta pelatihan khusus untuk admin masing-masing PC IPPNU se-Bali.

“Sosialisasi Database dengan pembagian username dan password kepada masing-admin Admin PC IPPNU untuk melakukan pendataan anggota IPPNU di masing-masing wilayah. Kemudian dengan pendataan tersebut dapat dilakukan cetak Kartu Tanda Anggota kepada anggota yang telah mendaftar sesuai dengan ketentuan,” papar Rekanita Septi.

dok. Sosialisasi Kartu Tanda Anggota (KTA) IPPNU online

“Teknis dari Pembuatan KTA terdapat dua cara yang dilakukan oleh Admin masing-masing PC IPPNU. Dan akan lebih mudah dengan cara kolektif data menggunakan google form yang nantinya disebarkan ke masing-masing PAC atau PC IPPNU ditingkat di bawahnya untuk melakukan pengisian data mandiri dan diverifikasi Admin PC untuk mencetak KTA,” imbuhnya.

Septiana berharap semua anggota IPPNU se-Provinsi Bali dapat menjalankan program KTA tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendata jumlah anggota IPPNU di Provinsi Bali dari masa ke masa. Sehingga melalui program ini, dapat mencatatkan sejarah akan asal muasal terbentuknya IPPNU di Bali.

dok. Kartu Tanda Anggota (KTA) IPPNU online

“Di zaman digitalisasi saat ini kita dimudahkan oleh perkembangan teknologi yang tentunya harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin khususnya untuk kepentingan bersama dalam program kerja PP IPPNU, salah satunya dalam melakukan pendataan anggota IPPNU secara Nasional. Pendataan ini selain untuk mengetahui jumlah anggota IPPNU di Indonesia juga sebagai wujud untuk mencatat jejak digital dari anggota IPPNU khususnya di Bali yang mana akan menjadi tombak sejarah dari cikal bakal terbentuknya IPPNU di Bali”. tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.