Cetak Generasi Alim, Ponpes Syafa’atul Ummah Al-Muduni Karangasem Mewisuda Santri Tahfidz

pwnubali.or.id – Pondok Pesantren (Ponpes) Syafa’atul Ummah Al Muduni, Sidemen Karangasem menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan Wisuda Tahfidz 1 Juz dan penyerahan Ijin Operasional Madrasah Diniyyah (MADIN) dan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ).

Acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ustadz Jihadul Akbar. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan menyanyikan lagu Syubbanul Wathon yang dikolaborasikan dengan Hadrah Bleganjur khas Kampung Islam Sinduwati.

Bacaan Lainnya

Pengasuh Ponpes Syafa’atul Ummah Al Muduni, K.H. Sapiudin,S.Ag dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kelak Pondok Pesantren Syafa’atul Ummah Al Muduni menjadi pesantren yang bermanfaat bagi ummat.

“Dengan ini semoga dapat menyatukan kita selaku ummat agar tidak bercerai berai. Dan juga membumikan Al Qur’an serta membentuk generasi yang alim, sholeh serta bermanfaat bagi Islam nusa dan bangsa.” papar Beliau.

Dok. Foto Bersama Santri Tahridz Ponpes Syafa’at Ummah Al-Muduni (foto : Sri Kholifatul Arifah)

Hal senada juga diungkapkan dalam sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Drs. Ida Bagus Mastika,M.Fil.H. yang mengapresiasi berdirinya Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yg moderat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan Ijin Operasional (MADIN) dan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) oleh Ka.Si. Pendis Kementerian Agama Kabupaten Karangasem.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian TU Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Dr. H.Arjiman, M.Pd.I kagum atas program ekonomi keumatan yang juga dijalankan oleh ponpes ini hingga memberi manfaat bagi warga sekitar.

“Dengan program ekonomi keummatan yang dijalankan oleh Ponpes Syafa’atul Ummah Al Muduni, semoga benar-benar memberikan manfaat bagi warga sekitar,” kata Pria yang juga sebagai Mustasyar PWNU Bali tersebut.

Acara dilanjutkan dengan Wisuda Tanfidz sekaligus penyerahan ijazah tahfidz.

Wakil Rois Syuriyah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Bali yang diwakili oleh K.H. Anwar Hamid, disela – sela mauidhoh hasanahnya memberikan apresiasi positif saat melihat akulturasi budaya Muslim dan Hindu. Seperti Sholawat yang diiringi Hadrah Bleganjur yang ditampilkan oleh para pemuda.

Acara ini juga dihadiri oleh Jajaran PWNU Provinsi Bali, Ketua PW Nahdlatul Wathon Provinsi Bali, MUI Karangasem, PCNU Karangasem beserta perwakilan lembaga dan banom, segenap jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem dan Perwakilan Wilayah Bali Pondok Pesantren Darul Qur’an milik Ustadz Yusuf Mansyur sekaligus menguji Tahfidz.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.