PW IPNU-IPPNU Bali Gelar DIKLATAMA Perdana di Jembrana

0
260

PWNUBALI.OR.ID | JEMBRANA

Dalam rangka regenerasi di lingkungan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ulama (IPPNU) di pulau Dewata, Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) , Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Provinsi Bali sebagai instrumen kelembagaan dalam organisasi IPNU-IPPNU Bali menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (DIKLATAMA).

Kegiatan yang di laksanakan di Desa Pengambengan Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana dihadiri oleh peserta dari berbagai Kabupaten dan kota se-Bali dengan jumlah 22 peserta, pada Jumat-Sabtu (18-20/12).

Panitia sengaja menempatkan kegiatan DIKLATAMA di ujung Barat pulau Bali tepatnya di kabupaten Jembrana. Banyak pihak yang berharap IPNU- IPPNU bisa dilihat oleh pihak luar sehingga nantinya nilai tawar untuk memberikan kemanfaatan kepada pelajar dan masyarakat lebih terasa.

DIKLATAMA I IPNU IPPNU Bali dilaksanakan di Jembrana

Nilai-nilai toleransi juga ditekankan dalam acara DIKLATAMA ini. Mengingat acara ini disaksikan oleh masyarakat di sekitar yang notabene adalah warga Hindu. Maka agar nantinya di terima oleh semua pihak, semua diupayakan agar bisa selaras dengan jargon masyarakat Bali Menyama Braya Bali, yaitu meneguhkan tali persaudaraan antar sesama.

“Mencetak Kader Militan dan Toleran” adalah tema kegiatan DIKLATAMA, banyak pihak sangat berharap dengan tema kali nantinya mampu melahirkan kader yang siap berperan aktif dalam segala kegiatan IPNU dan IPPNU di Bali dan utamanya bisa berbaur dalam indahnya toleransi di tengah perbedaan suku, agama, bahasa dan bangsa serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi Islam Ahlussunah Wal Jama’ah An Nahdliyah.

Acara penutupan DIKLATAMA I IPNU-IPPNU Bali

Panitia DIKLATAMA, Putri Sakinah menuturkan, “Dengan terselenggaranya DIKLATAMA perdana ini saya berharap apa yang didapatkan dan rasakan selama acara kemarin dapat mempererat tali kekeluargaan. Bukan mementingkan diri-sendiri, namun dapat peduli dengan sekitar serta menjalin kekompakan yang tidak bisa dibeli dengan apapun.”

Putri juga berharap agar komandan CBP dan KPP Dewata yang telah mengikuti DIKLATAMA kemarin dapat menjadi kader yang militan.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan DKW CBP KPP Jawa Timur yang ikut berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap suksesnya acara DIKLATAMA, ikut aktif membantu dari awal sampai selesainya acara. Perwakilan dari DKN CBP KPP pusat juga turut serta ikut mensukseskan acara dengan menjadi pemateri dan memberikan semangat baru demi terciptanya regenerasi CBP-KPP selanjutnya.

Komandan DKW CBP Provinsi Bali Ahmad Nasruddin, sangat berharap nantinya di DIKLATAMA BALI 2020 ini mengerti perannya.

“Peserta yang mengikuti DIKLATAMA ini agar nantinya mengerti arti disiplin dan tanggung jawab, dan selanjutnya mereka mau berperan di cabangnya masing,” ujarnya.

Pernyataan di atas juga diamini oleh Rekan Syafril, salah satu peserta asal Kota Denpasar. Ia sangat antusias mengikuti acara sampai selesai dan berjanji akan menciptakan kader CBP KPP di Kota Denpasar nantinya.

Penulis: Hazin
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.